Tidak Perlu Wisata Keluar Negeri Di Indonesia Juga Ada

ZetSet.Net – Tidak Perlu Lagi Repot Ngurus Visa! Ini Dia Tempat-tempat Wisata atau Liburan Di Indonesia Yang Mirip Dengan Tempat Liburan Di Luar Negeri, Siapa sih yang tidak ingin berlibur ke luar negeri? semua orang pasti ingin merasakan sensasi wisata di luar negri, mulai dari suasananya yang berbeda, objek wisata dan makanan yang memiliki ciri khas dari negara tersebut.

Namun tidak semua orang beruntung untuk dapat bepergian ke luar negeri karena beberapa alasan misalnya seperti kendala dalam menurus visa dan passport atau juga mungkin biaya yang tidak sedikit. Makadari itu, dalam kesempatan kali ini ZetSet.Net akan merangkum destinasi-destinasi wisata Indonesia yang mirip atau bahkan tidak kalah cantik dengan destinasi wisata di luar negeri.

Dengan begitu kalian dapat termotivasi atau mungkin mengobati rindu ke luar negeri dengan mengunjunginya. Destinasi wisata tersebut berada di berbagai propinsi di Indonesia, sehingga kalian tidak perlu lagi ke luar negeri untuk menyaksikannya. Berikut destinasi tersebut:

 

Goa Gong – Pacitan vs Gua Thien Cung – Vietnam

pacitan vs vietnam

Bila ke Vietnam dan Tiongkok kita pasti diantar ke oa yang besar dengan stalaktit dan stalakmit yang mengantung dan menonjol dari tanah dengan sorotan lampu warna warni yang indah.

Tetapi jangan keliru, di Indonesia ternyata juga ada lho, tepatnya di Goa Gong Pacitan, dan merupakan goa yang terbesar di asia tenggara. Pemandangan didalamnya ngga kalah dengan yang ada di Vietnam, malah lebih besar.

 

Pantai Ora – Maluku vs Pantai Maldives – Maladewa

maluku vs maladewa

Jika ada pertanyaan mengenai dimana tempat yang cocok untuk merasakan liburan layaknya di Pantai Maldives, Maladewa, tentu saja jawaban yang paling tepat adalah di Pantai Ora. Pantai Ora merupakan pantai yang masuk kedalam jajaran pantai paling cantik di Indonesia.

Pantai yang letaknya di Maluku ini dianggap spesial karena memiliki latar belakang pantai yang berair jernih sebening kaca. Keindahan yang luar biasa tersebut membuat siapapun setuju kalau keindahan Pantai Ora sama seperti Maladewa, karena keduanya sama-sama memiliki laguna dengan pantai yang tenang, air yang jernih dan banyak penginapan yang dibangun di atas air.

 

Pasar Apung – Banjarmasin vs Floating Market – Thailand

banjarmasin vs thailand

Jika selama ini floating market atau pasar terapung selalu identik dengan wisata di Thailand serta Vietnam, kalian tentu salah menduganya. Karena pada kenyataannya, Indonesia juga memiliki pasar terapung yang dapat ditemui di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Terdapat dua pasar terapung yang dapat kalian dan wisatawan kunjungi, yakni Pasar Terapung Muara Kuin yang berlokasi di Sungai Kuin, Banjarmasin, dan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Sama dengan pasar pada umumnya, pasar terapung ini juga menjual barang-barang seperti sayuran, buah dan ikan. Tidak hanya bahan makanan, pasar ini juga menjual makanan siap saji seperti roti, kue, kopi, nasi, bahkan sate dan ikan goreng. Pasar terapung yang hanya ada pada pagi hari ini kini menjadi salah satu obyek wisata andalan di Banjarmasin.

 

Monumen Simpang Lima Gumul – Kediri vs Arc de Triomphe – Perancis

kediri vs paris

Monumen simpang lima gumul, merupakan sebuah bangunan berbentuk kotak dengan lubang di tengahnya, bangunan ini diresmikan tahun 2008 dan menjadi landmark kota kediri.

Sedangkan Arc de Triomphe merupakan sebuah bangunan yang dibangun oleh Napoleon Bonaparte sebagai penghormatan terhadap para tentaranya, bentuk dari kedua bangunan ini hampir sama, hanya saja ukiran yang terdapat di dinding memang berbeda, Arc de Triophe sendiri dalam bahasa indonesia berarti “gapura kemenangan”.

 

Brown Canyon – Semarang vs Grand Canyon – Amerika

semarang grand canyon

Grand Canyon yang berupa tebing-tebing megah merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Amerika yang cukup terkenal. Jika kalian pernah memimpikan untuk datang kesana, mari sebelum itu terwujud datanglah lebih dulu ke Semarang, karena di kota ini juga terdapat tebing yang rupanya mirip dengan Grand Canyon.

Maka dengan alasan kemiripan tersebutlah kini tempat ini dikenal sebagai Brown Canyon. Terletak di Tembalang, Semarang, ternyata lokasi ini adalah tempat penambangan yang dibiarkan apa adanya sehingga menyerupai tebing-tebing megah ala Grand Canyon.

 

Candi Sukuh – Karanganyar vs Chicen Itza – Meksiko

Karang Anyar Vs Meksiko

Candi sukuh merupakan sebuah candi hindu yang terletak di lereng gunung lawu, karanganyar, jawa tengah, candi sukuh memiliki karakteristik berbentuk piramida, selain itu terdapat patung-patung vulgar yang menonjolkan organ intim manusia.

Di Meksiko, terdapat sebuah candi peninggalan suku maya bernama Chicen Itza, memiliki karakteristik yang sama dengan candi sukuh, yaitu berbentuk piramida, bangunan ini masuk dalam 7 keajaiban dunia pada tahun 2007.

 

Patung Budha Tidur – Mojokerto vs Patung Budha Tidur Wat Pho – Thailand

budha tidur mojokerto

Di Thailand tersebar banyak patung buddha berwarna emas yang memiliki posisi tidur atau disebut dengan Sleeping Buddha, salah satunya berada di Hatyai, Thailand Selatan. Namun ternyata patung serupa juga terdapat di Mojokerto, Jawa Timur. Sebenarnya ada empat patung Buddha tidur yang juga tersebar di Indonesia, namun patung yang terbesar berada di Mahavihara Majapahit, Trowulan, Mojokerto ini.

Patung Sleeping Buddha ini memiliki ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Menariknya lagi, patung Buddha tidur di Mojokerto ini menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Nepal. Berdasarkan sejarah patung tersebut dibangun oleh YM Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993.

 

Kebun Raya – Cibodas vs Bunga Sakura – Jepang

Hanya cukup datang ke Kebun Raya Cibodas, kalian yang ingin melihat Sakura tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati keindahannya. Di kebun raya ini kalian bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953 yang akan berbunga pada sekitar bulan Januari-Februari atau Februari-Maret.

Di Kebun Raya Cibodas juga telah ditanam ratusan pohon Sakura dengan 7 jenis tanaman Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp., Prunus arborea, dan Prunus costata. Dengan begitu kalian dapat merasakan sensasi `hanami`(tradisi melihat bunga di Jepang) tanpa harus pergi ke Jepang dengan melihat mekarnya bunga Sakura di Cibodas.

 

Sungai Maron – Pacitan vs Sungai Amazon – Brasil

Pacitan vs amazon

Pernah berkhayal untuk dapat menyusuri sungai di Amazon?! Kini hal tersebut bisa diwujudkan tanpa perlu jauh pergi ke Amazon, kalian cukup dengan menyusuri sungai Maron yang berada di Pacitan, Jawa Timur. Menyusuri Sungai Maron dengan perahu akan membuat kalian seolah-olah masuk kepedalaman hutan Amazon.

Karena keadaan alam di sekitar sungai Maron yang begitu asri ini membuat suasana menjadi sangat mirip dengan Sungai Amazon. Lokasi sungai ini berada di Desa Maron, Kecamatan Donorojo, Pacitan dan menjadi salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di Jawa Timur.

 

Gumuk Pasir Parangkusumo – Gurun Sahara – Afrika

siapa sangka di Indonesia terdapat sebuah gurun pasir, tepatnya terletak di Yogyakarta, terdapat sebuah gurun pasir bernama gumuk pasir parangkusumo, gurun pasir ini terbentuk akibat letusan gunung merapi dan merbabu jaman dahulu kala, abu vulkaniknya yang terbaawa arus pantai parantritis dan sungai opak yang akhirnya mengendap disini, gumuk pasir parangkusumo merupakan satu satunya gurun pasir di Asia Tenggara.

Sedangkan kita tahu di Afrika tedapat sebuah gurun pasir terbesar di dunia bernama gurun pasir sahara, padang pasir ini membentang dari samudra atlantik hingga laut merah, gurun pasir ini membelah afrika menjadi dua bagian, afrika utara dan afrika “yang sebenarnya”.

 

Rumah Hobbit – Bandung vs Rumah Hobbit – Selandia Baru

rumah hobbit bandung vs selandia baru

Negeri para hobbit memang menyuguhkan keindahan yang luar biasa. Rumah-rumah kecil dengan pemandangan alam terhampar luas dan berwarna hijau merupakan perpaduan yang menyejukkan mata. Kini, wisatawan tak perlu-jauh-jauh ke Selandia Baru untuk menemukan surga tersebut.

Sebab, rumah hobbit telah hadir di Bandung, Jawa Barat untuk memanjakan para pengunjung dan penggemar LORD OF THE RING. Penasaran dengan keindahan serta keseruan berlibur ke sana? Yuk, segera ajak pasangan untuk menikmati rumah unik dengan pemandangan indah!

 

Patung Yesus – Toraja vs Patung Yesus – Brasil

Patung Toraza vs Brazil

Sekarang kita tidak perlu jauh-jauh lagi ke brasil, Tepat pada Agustus 2015 lalu, Kabupaten Tana Toraja telah mencatatkan sejarah setelah rampung membangun patung Yesus raksasa. Bahkan patung ini disebut-sebut menjadi patung Yesus tertinggi di dunia mengalahkan patung Yesus Sang Penebus yang ada di Rio de Janeiro, Brasil.

Patung ini sendiri berdiri tepatnya di puncak Bukit Buntu Burake, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja. Tak tanggung tanggung, anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan patung ini sekitar Rp 30 miliar.

Patung yang dibangun Pemerintah Daerah Tana Toraja ini menjulang dengan ketinggian 40 meter. “Menurut sepengetahuan saya untuk tinggi landasan 17 meter, sementara untuk patungnya 23 meter,” ungkap Mezak Yapin, salah satu wisatawan yang sempat berkunjung ke Tana Toraja.

 

Patung Singa – Bontang vs Patung Merlion – Singapura

Patung Merlion

Berbicara Singapura, Patung Merlion merupakan hal pertama yang ada di benak kita. Tapi jangan salah, Bontang juga punya patung singa persis punya singapura. Walaupun duplikasi dari patung singapura yang sebenarnya namun setidaknya, patung tersebut bisa menjadi pelepas keinginan untuk mengunjungi Singaura yang sebenarnya. Patung tersebut ada di Cafe Singapur Bontang.

Karena keunikannya inilah, Cafe Singapore pun sering masuk dalam itinerary pengunjung yang datang ke Bontang. Seringnya, traveler yang datang ke sini karena penasaran, dibanding lapar atau ingin menghabiskan waktu di kafe.

 

kepulauan Raja Ampat vs Phi Phi Island – Thailand

Raja Ampat vs Thailand

Keindahan kepulauan Raja Ampat kini sudah tidak asing lagi di telinga para pejalan, kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat ini di gadang-gadang mirip dengan Phi Phi Island yang berada di Thailand. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa Raja Ampat lebih indah dari Phi Phi Island yang menjadi lokasi film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio tersebut.

Ingin membuktikan mana yang lebih indah?! Silahkan mengunjungi keduanya, namun pastikan agar tidak melewatkan Raja Ampat Papua dimana kalian bisa melihat puluhan pulau yang berbukit-bukit hijau dengan air laut yang begitu jernih.

 

Great Wall Of Koto Gadang – Bukittinggi vs Tembok Besar China – Tiongkok

bukittinggi vs tembok china

Kita tahu jika tembok besar china memang sangat mempesona, bangunan ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan masuk dalam 7 keajaiban dunia bersama candi Borobudhur, namun siapa sangka di Indonesia juga terdapat sebuah bangunan serupa.

Yaitu Great Wall Of Koto Gadang atau biasa disebut juga Janjang Koto Gadang, yang terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat, diresmikan pada januari 2013 oleh Tifatul Sembiring yang kala itu menjabat sebagai ketua Menkominfo, Janjang Koto Gadang memiliki panjang sekitar 21.100 km, memang tidak sepanjang tembok besar china, namun pemandangannya tak kalah indah kok.

 

Candi Prambanan – Jogja vs Angkor Wat – Kamboja

Prambanan vs Angkor Wat

Siapa yang tidak tahu tentang candi prambanan, candi hindu terbesar di Asia Tenggara, candi prambanan merupakan sebuah komplek candi dengan beberapa candi besar yang dikelilingi oleh candi-candi pendamping.

sama halnya dengan candi prambanan, di kamboja terdapat komplek candi bernama angkor wat. sama halnya dengan candi prambanan, angkor wat merupakan candi agama hindu, namun usianya lebih muda dibanding candi prambanan, dan keduanya masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

***

Demikian hasil rangkuman dari ZetSet.Net mengenaibeberapa tujuan wisata di Indonesia yang tidak kalah indah dan menarik dengan tujuan wisata di luar negeri. Dan tentu saja masih ada puluhan bahkan ratusan tempat wisata yang mirip bahkan lebih indah dari yang ada diluar neger, jadi Tidak Perlu Wisata Keluar Negeri Di Indonesia Juga Ada.

Hal ini jelas membuktikan bahwa destinasi wisata Indonesia dapat disandingkan dengan destinasi-destinasi wisata dunia, sehingga membuat para traveler tanah air memiliki banyak pilihan untuk melihat wajah dunia di negeri sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!!

Yatna Supriyatna

Selama ada keyakinan, semua akan menjadi mungkin


Tulis Komentar