Serangga Dengan Keunikan Yang Ekstrim

ZetSet.Net – Serangga, ya binatang tersebut sering kita temui di pepohonan atau pun di hutan dan kebun. Dan serangga merupakan jenis binatang yang hidup dan berkembang biak di sekitar kita. Lebih dari 800,000 jenis serangga telah ditemukan dan diidentifikasi, tak heran serangga merupakan jenis mahluk hidup terbanyak yang ada di muka bumi. Beberapa diantara mereka memiliki sistem kerja dan bagian tubuh yang unik yang memungkinkan mereka untuk melakukan hal apa saja untuk menunjang kehidupannya. Tapi tahu kah kamu? Bahwa serangga memiliki sisi ekstremnya masing – masing? Berikut adalah serangga dengan keunikan paling ekstrem yang harus kamu ketahui.

Baca Juga : Serangga Mungil Yang Mematikan Di Dunia

 

Serangga Yang Paling Ditakuti – Migratory Locust


Locusta migratoria atau Migratory locust, dapat dikatakan sebagai spesies serangga yang paling ditakuti oleh manusia. Tidak seperti nyamuk yang bertanggung jawab atas kematian manusia terbanyak yang disebabkan oleh serangga, belalang ini bertanggung jawab atas rusaknya agrikultural di beberapa negara. Pada tahun 2003 hingga 2005 merupakan tahun-tahun terkelam dalam sejarah penyerangan wabah belalang ini di Afrika Barat. Mereka telah menyerang 20 negara menyebabkan rusaknya panen dan mengakibatkan kerugian sebesar 2,5 milyar dollar.

 

Serangga Terkecil – Dicopomorpha Echmepterygis


Kunang-kunang merupakan serangga kecil yang dapat mengeluarkan cahaya dan merupakan keluarga serangga terkecil yang diketahui oleh ilmuwan. Dicopomorpha echmepterygis merupakan kunang-kunang endemik Kosta Rika, pejantan dari serangga ini terlahir dengan panjang tubuh tidak lebih dari 0,14 mm, hampir sama dengan ukuran paramecium tunggal yang biasa ditemukan di air danau. Serangga ini memperoleh makanannya dari telur serangga lain.

Serangga Terberat – Giant Weta


Giant Weta merupakan serangga yang hanya dapat ditemukan di kepulauan Little Barrier di Selandia Baru. Serangga ini merupakan serangga terberat di dunia dengan berat 71 gram dan panjang 8,5 centimeter. Berat Giant Weta dapat seberat burung gereja. Mereka masih memiliki hubungan kekerabatan dengan belalang dan jangkrik. Giant Weta sekarang ini termasuk kedalam spesies yang langka dan terancam.

 

Koloni Serangga Terbesar – Argentine Ants


Argentine ants baru-baru ini diketahui sebagai serangga dengan koloni terbesar di dunia, dengan jumlahnya mereka dapat menyaingi jumlah manusia di seluruh bumi. Mereka hidup di Amerika, Eropa dan Jepang. Banyak yang mengatakan bahwa seluruh spesies semut Argentine di seluruh dunia merupakan satu koloni, meskipun terpisah jarak ribuan mil jauhnya. Penyebaran semut ini secara tidak sengaja dikenalkan oleh manusia dari Amerika Selatan.

 

Migrasi Serangga Terjauh – Globe Skimmer


Baru-baru ini diketahui bahwa Globe skimmer merupakan serangga dengan jarak migrasi terjauh daripada serangga yang lain, serangga ini terbang dengan kecepatan 5 meter per detik dan terbang dengan gerombolan yang besar sehingga membentuk formasi awan hitam. Capung Globe skimmer bermigrasi dari India ke Afrika Selatan dan Timur lalu kembali lagi, membuat mereka menempuh jarak total 14,000 hingga 18,000 kilometer.

 

Serangga Paling Beracun – Harvester Ant


Semut Harvester adalah serangga yang paling beracun di dunia, namun, mereka sebenarnya bukanlah momok yang menyeramkan bagi manusia karena jarang sekali terjadi kematian oleh semut ini. Akan tetapi, kita tentu tidak boleh meremehkan racun semut ini. Meskipun racun yang dikeluarkan oleh semut ini dalam jumlah yang sedikit dan semut ini tidak seagresif semut api, gigitan semut ini dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa. Gigitan semut ini juga dapat menyebabkan kematian apabila korban mengalami reaksi alergi. Habitat semut ini kebanyakan ditemukan di Amerika Serikat karena sebagian besar jenis semut harvester hanya bisa ditemukan di sini.

Baca Juga : Jenis Tanaman Berbahaya, Salahsatunya Dapat Menelan Mahluk Hidup

 

Serangga Dengan Daya Tahan Tubuh Terkuat – German Cockroach


Kecoa merupakan serangga yang sangatlah menakutkan, bukan karena bentuk tubuhnya, namun juga karena kemampuannya untuk hilang tiba-tiba dari pandangan dan terbang tiba-tiba. Kecoa diketahui memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat, terbukti mereka dapat selamat dari ledakan nuklir dan dapat hidup setelah kepalanya terputus dari badannya. Namun fakta kali ini mungkin akan sedikit mengganggu. Diketahui bahwa nimfa kecoa jerman dapat hidup di lingkungan yang sangat buruk sekalipun seperti usus besar manusia. Yah. Nimfa tersebut sampai di usus besar tersebut setelah tanpa sengaja tertelan oleh wanita berusia 52 tahun pada saat ia makan.

Serangga Terlangka – Lord Howe Island Stick Insect


Seperti namanya serangga ini hidup di pulau Lord Howe, di perbatasan Australia dan Selandia Baru. Serangga ini merupakan serangga yang sangat langka karena jumlahnya diperkirakan hanya tersisa 50 ekor, dengan 24 ekor yang baru benar-benar ditemukan. Kebun binatang Melbourne Australia sekarang ini sedang mengadakan program budidaya serangga ini yang nantinya ditargetkan dapat menghasilkan 9,200 ekor serangga unik yang sangat langka ini.

 

Serangga Terbang Tercepat – Southern Giant Darner

Serangga ini merupakan salah satu dari spesies capung yang sangat ekstrim lainnya. Mereka terbang dengan kecepatan 35 mil/jam, yang membuat mereka menjadi serangga dengan kemampuan terbang tercepat di dunia.  Meskipun banyak yang mengatakan bahwa kecepatan terbang capung ini dapat mencapai 60 mil/jam, tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa masih ada serangga yang dapat terbang lebih cepat daripada capung ini, contohnya lalat yang lebih dikenal dengan nama “Horse Fly” yang digadang-gadang dapat terbang dengan kecepatan 90 mil/jam.

 

Serangga Paling Berisik – Water Boatman

Water Boatman merupakan serangga yang paling berisik di dunia untuk ukurannya yang termasuk kecil. Serangga ini termasuk ke dalam famili cicada, meskipun telah diketahui bahwa kebanyakan serangga famili cicada memiliki suara yang sangat berisik, namun, water boutman ini yang hanya berukuran 2 mm dapat menghasilkan suara 99,2 db. Hampir sama dengan mendengarkan suara dari pertunjukan orchestra dari kursi yang paling depan.

 

Onitha Indriani

Kadang rasa takut yang berlebihan yang malah akan mematahkan simpul senyum kita,.


Tulis Komentar