Ini Dia Profil 4 Stadion Untuk Semifinal AFF 2016

ZetSet.Net – Teka-Teki Stadion kandang indonesia untuk semifinal AFF Cup 2016 akhirnya terjawab, Setelah memastikan tiket menuju semifinal, publik pun mulai bertanya-tanya di mana laga yang akan mempertemukan Indonesia dengan Vietnam nanti akan digelar.

Spekulasi pun mulai bergulir kencang dikarenakan kondisi Stadion Gelora Bung Karno yang tengah direnovasi untuk Asian Games 2018 mendatang.

Banyak yang mengatakan bahwa Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Stadion Manahan (Solo), hingga Pakansari akan menjadi kandidat kuat pengganti Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Setelah sempat bikin penasaran, akhirnya laga yang digelar 3 Desember ini resmi diadakan di Pakansari, Cibinong, Bogor.

Baca Juga: Indonesia Juara AFF Cup 2016, Deja Vu 2010

Laga semifinal Piala AFF 2016 itu sendiri akan mempertandingkan empat tim yang berhasil lolos dari babak grup, yakni Thailand dan Indonesia sebagai perwakilan Grup A serta Vietnam dan Myanmar yang menjadi wakil Grup B.

Empat stadion pun dipilih oleh masing-masing negara untuk menjadi kandang mereka dalam melakoni babak semifinal yang digelar dalam dua leg.

Berikut Profil 4 Stadion Untuk Semifinal AFF 2016:

 

Stadion Pakansari (Indonesia)

stadion pakansari bogor

Stadion pertama adalah Pakansari yang dipilih Indonesia untuk menggelar pertandingan leg pertama babak semifinal melawan Vietnam. Pertandingan itu sendiri akan diselenggarakan pada hari Sabtu (3/12/2016) pukul 19.00 WIB.

Stadion yang dibangun pada 2014 untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional 2016 itu terletak di Kota Bogor dan memiliki kapasitas sebesar 30 ribu penonton.

kapasitas 30 ribu penonton itu sudah single seat semua. Fasilitas lainnya sudah mengikuti taraf internasional, Selain menggunakan single seat, Stadion Pakansari terlihat lebih megah dengan dua layar LED besar yang terpampang di tiap-tiap sudut belakang gawang.

 

Stadion Thuwunna (Myanmar)

stadion thuwunna

Sehari kemudian setelah laga Indonesia melawan Vietnam, Stadion Thuwunna mendapat giliran untuk menggelar babak semifinal Piala AFF leg pertama lainnya. Stadion ini digunakan Timnas Myanmar untuk menghadapi pemuncak klasemen Grup A Piala AFF, Thailand, Minggu (4/12/2016).

Kandang Timnas Myanmar yang dibangun pada 1985 itu memiliki kapasitas sebesar 32 ribu penonton. Ajang besar internasional sudah sering digelar di Stadion yang terletak di Ibu Kota Myanmar, Yangoon itu.

Di stadion inilah Timnas Indonesia U-19 melakoni pertandingan melawan Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab dalam ajang Piala Asia U-19 2014 lalu.

 

Stadion My Dinh (Vietnam)

Stadion My Dinh

Pertandingan ketiga akan dilaksanakan di Stadion My Dinh, dimana Stadion My Dinh, akan menggelar laga leg kedua semifinal Piala AFF saat Vietnam menjamu Indonesia, Rabu (7/12/2016).

Stadion ini tergolong besar dari sisi kapasitas untuk ukuran Asia Tenggara karena mampu menampung 40 ribu penonton, Sejak dibangun pada 2003, Stadion My Dinh terus digunakan Vietnam di berbagai ajang internasional.

Klub besar Inggris, Arsenal, pernah merasakan bermain di stadion yang terletak di ibu kota Vietnam, Hanoi, tersebut pada 2013.

 

Stadion Rajamangala (Thailand)

Stadion Rajamangala

Stadion keempat yang menjadi kandang Timnas Thailand ini menjadi yang terbesar jika dibandingkan dengan semua stadion yang akan menggelar laga semifinal Piala AFF 2016.

Di stadion inilah laga semifinal leg kedua yang mempertemukan Thailand melawan Myanmar akan digelar, Kamis (8/12/2016). Stadion ini dibangun untuk menggelar Asian Games saat Thailand menjadi tuan rumah pada 1998.

Selepas Asian Games, stadion ini selalu menjadi favorit Thailand untuk menggelar laga kandang mereka di berbagai ajang internasional seperti kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia.

Thailand juga selalu menggelar pertandingan di stadion yang terletak di Ibu Kota Thailand, Bangkok, saat menghadapi klub Eropa seperti Liverpool pada 2015.

***

Itulah Profil Empat Stadion Untuk Semifinal AFF 2016, Stadion pakansari sendiri yang akan menjadi markas indonesia di semifinal AFF Cup 2016, menjadi stadion dengan kapasitas terkecil dibanding stadion lainnya, semoga saja kecilnya kapasitas stadion tidak sekecil peluang kita untuk menjadi juara AFF Tahun ini, Indonesia Bisa!

Selama ada keyakinan, semua akan menjadi mungkin

Tulis Komentar