Percikan Indah Surgawi Nan Memukau di Jawa Timur

ZetSet.Net – Mungkin kita memang belum pernah melihat surga ya guys, tapi tahu nggak di Indonesia ini banyak banget lho percikan – percikan surgawi yang bakal buat kalian semua terpukau akan keindahannya. Tidak perlu jauh – jauh guys, onit bakal ulik sedikit di tanah kelahiran onit sendiri yaitu Jawa Timur.

Di Jawa Timur ini banyak banget wisata alam dengan sejuta keindahannya guys, air terjun yang jatuh menari elok dengan berbagai jenis pohon kokoh disekitarnya, gunung – gunung yang menjulang tinggi menopang lembutnya awan -awan putih dan jajaran pantainya yang rupawan dengan gemuruh ombak menggulung desir pasir pantai. Huh… rasanya akan sangat nyaman kalau kita udah berada di dalam alunan – alunan itu guys.

Gimana? Udah penasaran dengan Surganya Jawa Timur? Yuk… Kita intip guys, dan kita mulai kota Banyuwangi yang berada diujung timur Jawa Timur sekaligus ujung timur Pulau Jawa ini lho.

Kawah Ijen dan Keindahan Kawah Birunya

kawahijen

Ini nie guys yang bakal buat Kamu terkesima. Kawah Ijen Banyuwangi, kawah ini merupakan sebuah pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan di atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah seluas 20 km yang dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter ini siap membuat siapa pun yang menyaksikannya terperangah kagum. Meskipun kawah ini menarik wisatawan untuk mendekat, namun Kamu harus tetap berhati-hati. Suhu kawah mencapai 200 derajat Celcius dengan tingkat keasaman yang mampu meleburkan pakaian dan tubuh manusia.

Daya tarik utama dari tempat wisata yang secara administratif terletak di Banyuwangi dan Bondowoso ini adalah Api Biru atau Blue Fire. Api yang terletak di bawah kawah ini berwarna biru dan terlihat semakin cantik saat kondisi sekitarnya gelap. Untuk itu, Kamu harus datang pada dini hari agar dapat melihat keindahan Api Biru ini.

Hal menarik lainnya adalah Kamu dapat menyaksikan kegiatan tambang belerang. Kawah Ijen merupakan salah satu dari dua kawasan tambang belerang tradisional yang ada di Indonesia setelah Welirang. Para penambang tidak menggunakan alat canggih, mereka benar-benar turun ke bawah mendekati kawah untuk mengambil batangan belerang dengan alat seadanya dan tanpa perlengkapan pengaman yang memadai. Batangan belerang dengan berat mencapai 80-100 kg ini kemudian dipikul dan di bawah naik ke pos pengumpulan belerang.

Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah

Masih di Kota Banyuwangi guys, kali ini kita bakal intip Pantai Pulau Merah, kenapa dinamakan Pulau Merah? hal ini disebabkan adanya sebuah bukit tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Kamu bisa berjalan mendekat ke bukit saat air sedang surut. Bukit ini tertutup pohon dan semak hijau dan hanya terlihat sedikit semburat merah saat senja.

Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Pesanggaran ini memiliki sebuah pura Hindu degan nama Pura Tawang Alun. Pura ini kerap digunakan sebagai lokasi ritual pada saat-saat tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar Pantai Pulau Merah. Penginapan juga sudah banyak tersedia di sekitar pantai bagi Anda yang tak cukup menikmati tempat wisata ini dalam waktu sehari.

Beragam kegiatan bisa Kamu lakukan di sini mulai dari berselancar dan hunting foto. Untuk kegiatan berselancar, pantai sepanjang 3 km ini memiliki ombak yang ideal bagi peselancar pemula.

Gunung Bromo

gambar-gunung-bromo

Nah… kita geser ke Probolinggo guys. Kalau yang ini udah nggak asing lagi bagi wisatawan lokal maupun asing sebagai lokasi dan tempat terfavorit untuk liburan dan rekreasi guys.Objek wisata gunung bromo memiliki daya tarik yang kuat bagi wisatawan untuk datang ke jawa timur bahkan kebanyakan orang berpendapat bahwa jika ke jawa timur tanpa berkunjung ke lokasi dan tempat objek wisata gunung bromo berarti Kamu belum pernah ke jawa timur. Dan Gunung Bromo masih termasuk dalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru yang banyak menyimpan keindahan alam yang patut untuk dilestarikan

Lalu apa sih yang menarik di kawasan wisata gunung bromo ? Yuk… Kita intip beberapa lokasi wisata yang ada disekitar Gunung Bromo ini guys.

1. Puncak Gunung Penanjakan.

Gunung penanjakan (pananjakan) adalah lokasi dan tempat berkumpulnya seluruh wisatawan yang datang ke bromo untuk menanti dan melihat indahnya matahari terbit atau sunrise gunung bromo. Lokasi penanjakan berada di sebelah barat gunung bromo merupakan puncak tertinggi di sebelah barat bromo. Lokasi terbaik untuk melihat sunrise gunung bromo.Selain itu dari puncak penanjakan Kamu juga bisa melihat detran gunung batok dan gunung bromo serta dilatar belakangi gunung semeru.

2. Lautan Pasir Gunung Bromo Dan Kawah Bromo.

Keindahan alam yang menjadi ciri khas dari gunung bromo yaitu lautan pasirnya yang luas sekitar 10 km persegi. Kalau Kamu ingin menuju gunung bromo dan mencapai kawah bromo harus melintasi lautan pasir gunung bromo karena jeep hanya bisa mengantar pengunjung bromo dari jarak 2,5 km sebelum gunung bromo atau diluar tugu pembatas radius bahaya bromo.Lalu untuk mencapai kawah gunung bromo peserta bisa berjalan kaki atau sewa kuda untuk mencapai gunung bromo dan menikmati keindahan kawah bromo serta hamparan luas lautan pasir dari puncak gunung bromo.

3. Padang Rumput Savana (Bukit Teletubbies)

Siapa sangka jika di kawasan gunung berapi bromo ada lokasi padang rumput savana padahal jika dilihat dari jauh seakan tidak ada tumbuhan yang bisa hidup di dekat gunung bromo selain hanya pemandangan hamparan pasir yang luas. Padang savana atau bukit teletubbies berada di sebelah timur gunung bromo,untuk berkunjung ke lokasi ini biasanya jeep sudah menawarkan paket kunjungan lengkap di sekitar kawasan gunung bromo yaitu include dengan mengunjungi padang rumput savana dan bukit teletubbies gunung bromo.

4. Pasir Berbisik.

Lokasi wisata ini populer pada tahun 2002 karena menjadi lokasi syuting sinetron yang di bintangi oleh dian sastro yang berjudul pasir berbisik. Asal mula nama pasir berbisik diambil dari judul sinetron yang disiarkan stasiun tv nasional. Namun jika diperhatikan dengan seksama ketika berada dilokasi ini memang ada suara tipuan angin yang menerpa permukaan pasir halus yang bergelombang sehingga timbul suara isik isik dari permukaan padang pasir. Saat ini lokasi pasir berbisik menjadi salah satu lokasi favorit untuk fotografi prawedding maupun modeling.

5. Pura Poten.

Yaitu pura umat hindu tengger bromo yang berada di kaki gunung bromo, kalau Kamu akan menuju kawah bromo pasti melintasi bangunan pura poten. Pura poten di gunakan sebagai lokasi sembahyang dan acara adat suku tengger seperti perayaan upacara kasada bromo dll.

Air Terjun Madakaripura

madakaripura

 

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 m dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi yang meneteskan air membentuk tirai pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Ada sekitar lima terjunan air di lokasi ini dengan air terjun utama berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 m.

Di balik air terjun utama terdapat sebuah goa dimana untuk mencapainya sangat sulit karena harus melewati kolam air seluas 25 m2 yang ada tepat di bawah air terjun tersebut.  Kedalaman kolam ini sekitar 7 m dan memiliki arus air yang sangat deras.
Menurut penduduk setempat nama Madakaripura berarti ‘tempat terakhir’ yang diambil dari cerita pada jaman dahulu, konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini (di sebuah goa di air terjun utama tersebut).  Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut.

Pantai Papuma

tempat-wisata-di-jember-pantai-papuma

Kita geser lagi ke Jember coy… Pantai Papuma, satu lagi pantai yang populer dan tak kalah indahnya di kawasan Jember. Tepat berada di pesisir selatan Jawa Timur, atau lebih tepatnya terletak di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan, 45 Km arah selatan kota Jember, pantai Papuma menawarkan nuansa yang sangat indah untuk dikunjungi.

Di sepanjang pantai Papuma terdapat pasir putih yang bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di pantai tersebut. Disamping keindahan alamnya, pantai ini juga kaya akan fauna seperti Biawak, Ayam Alas, burung-burung dengan ragam jenisnya, Babi Hutan, Rusa, Landak dan Trenggiling.

Di pantai ini disediakan beberapa sarana pendukung bagi mereka yang ingin menikmati suasan Papuma lebih lama, seperti penginapan dan bumi perkemahan. Saat matahari terbenam, suasana di pantai Papuma akan semakin indah untuk dinikmati. Senja yang temaram dan desir laut yang semakin bergemuruh menimbulkan suasana dramatis yang enggan untuk ditinggalkan lho…

Pantai Banyu Anjlok Lenggoksono

3514

Lokasi tempat wisata ini sangat keren. Karena air terjunnya terletak di tebing yang airnya langsung jatuh ke laut. Pokoknya gak akan nyesel untuk mengunjungi tempat wisata alam ini. Walaupun jalan yang ditempuh untuk menuju tempat tersebut tidak mudah dan melelahkan, tapi saat Kamu tiba di lokasi maka rasa lelah dan capek akan terbayarkan. ketika melihat keindahan alamnya yang patut diacungi jempol.

Air terjun ini adalah satu-satunya air terjun di kota Malang yang arus airnya langsung mengarah ke laut. Jadi ketika Kamu mengunjungi tempat wisata ini akan disuguhkan dengan panorama keindahan laut. Serta derasnya air terjun yang percikan airnya langsung membasahi tubuh. Tak cuma bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat eksotis. Tapi buat Kamu yang gemar memancing pun akan dimajakan oleh ikan-ikan yang begitu banyak. Di pantai Lenggoksono ini juga terkenal akan ikannya yang masih banyak dan beragam jenis. Mulai dari jenis  lobster, cumi-cumi, layur, cakalang,dan juga layar. Dan ternyata di pantai Lenggoksono ini juga menjadi tempat konservasi lobster. Ada banyak lobster yang di budidayakan di sini diantaranya adalah lobster mutiara, lobster pasir, dan lobster batu.

Dan yang menjadi salah satu alasan kenapa para nelayan dan juga masyarakat sekitar pantai membudidayakan lobster. Karena adanya Pulau Gadung yang dibawahnya terdapat sebuah goa bawah laut. Dimana di goa itu terdapat banyak sekali lobster atau bisa disebut sebagai sarangnya. Goa ini selalu dijaga oleh masyarakat sekitar dari kenakalan orang-orang yang tak bertanggung jawab. Tak heran kalau tempat ini ditunjuk oleh Kementrian Perikanan dan Kelautan sebagai wilyah ekowisata.

Dan cukup untuk kali ini guys, 6 tempat favorit onit yang menjadi percikan indah surgawi nan menawan di Jawa Timur. Gimana guys, tertarik untuk mengunjungi tempat – tempat tersebut? Tunggu apalagi guys? ambil ransel dan siapkan semua bekal Kalian. Yuk kita caaawwww…. ^_^

Onitha Indriani

Kadang rasa takut yang berlebihan yang malah akan mematahkan simpul senyum kita,.


Tulis Komentar