Membentuk Postur Tubuh Ideal Dengan Cara Sederhana

ZetSet.Net – Tubuh kamu tidak ideal? Ada yang terlihat sangat gemuk atau sebaliknya, sangat kurus. Jika tinggi badanmu diatas rata-rata alangkah baiknya kamu menambah berat badanmu guys. Memiliki postur tubuh yang ideal tentu saja sudah menjadi impian banyak orang, apalagi bagi kaum hawa. Postur tubuh pada dasarnya sangat tergantung dari cara memperlakukan tubuh, baik itu dalam kondisi berdiri, berjalan, duduk, atau tidur.

Dalam usaha untuk memiliki postur tubuh yang ideal, banyak wanita yang rela melakukan hal-hal yang terbilang ekstrim. Mereka bahkan terkesan menyakiti dirinya sendiri agar bisa memiliki bentuk tubuh yang sesuai dengan standarnya.

Postur ideal bisa didapatkan dengan melakukan operasi, namun hal ini tentu saja memakan biaya yang besar dan sering menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Untuk itu, kami akan membagikan tips mendapatkan postur tubuh yang ideal dengan cara yang alami dan sehat.

 

Yoga

Mengikuti kelas yoga wajib dicoba untuk mendapatkan postur yang ideal. Yoga bisa membuat seluruh tubuh menjadi lebih rileks dan membantu peregangan otak. Dengan melakukan yoga, maka tulang dan otot yang kaku akan menjadi sedikit lemas sehingga bisa menyembuhkan nyeri punggung.

Baca Juga : Cari jepang 7 Jurus Sakti Agar Awet Muda Ala Jepang

 

Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat setiap harinya juga dapat menghasilkan postur tubuh yang ideal. Terapkanlah pola makan dengan gizi seimbang yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur dan buah, serta susu. Asupan makanan yang sehat seperti inilah yang memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan serta pembentukan postur tubuh

 

Perlakukan tubuh dengan benar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memperlakukan tubuh secara tepat dan benar. Saat berdiri atau berjalan, usahakan untuk tidak membungkukkan punggung. Berdiri atau berjalanlah dengan dengan posisi tubuh yang tegap namun jangat terlihat kaku.

 

Posisi tidur

Posisi tidur memberikan kontribusi besar terhadap bentuk postur tubuh. Selain itu, kondisi tempat tidur juga harus diperhatikan dan buatlah senyaman mungkin. Tempat tidur yang tidak nyaman bisa saja mempengaruhi bentuk tubuh, misalnya kecenderungan punggung menjadi bungkuk.

Atur dan sesuaikan posisi tidur yang nyaman sehingga tidak menimbulkan rasa pegal saat bangun tidur. Posisi tidur yang terlentang sangat dianjurkan karena bisa mencegah terjadinya nyeri punggung dan nyeri pada leher.

Baca Juga : Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

 

Merubah gaya hidup

Berbagai masalah yang terjadi pada tubuh sangat sering disebabkan oleh gaya hidup, termasuk masalah postur tubuh. Gaya hidup bisa merusak postur tubuh seperti kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi, sesak napas yang disebabkan polusi, hingga melengkungnya bagian tulang belakang.

Untuk bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal, rubahlah pola hidup menjadi lebih sehat dengan hal-hal yang sederhana. Sebagai contoh, perlakukanlah tubuh dengan baik sehingga otot-otot pada tubuh akan menjadi lebih rileks.

 

Latihan kardio, beban, dan peregangan

Jenis latihan kardio seperti jogging, sprint, dan bersepeda akan membuat proses pembakaran lemak menjadi lebih optimal. Sedangkan latihan beban seperti push-up dan sit-up dapat mengoptimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Untuk latihan peregangan seperti pilates bertujuan untuk menurunkan tingkat stress dan membuat fleksibilitas otot menjadi meningkat. Selain itu, pilates juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi, mencegah terjadinya pengeroposan tulang, dan yang paling penting adalah untuk memperbaiki postur tubuh.

Menggabungkan ketiga jenis latihan tersebut dan melakukannya secara rutin maka postur tubuh yang ideal akan didapatkan secara bertahap.

 

Berenang

Tips mendapatkan postur tubuh yang ideal selanjutnya adalah dengan berenang. Olahraga renang memiliki peranan penting untuk menjadikan postur tubuh lebih sempurna. Selain untuk memperbaiki postur tubuh, berenang juga dapat dijadikan alternatif untuk menyembuhkan penyakit sesak napas atau asma.

.

Onitha Indriani

Kadang rasa takut yang berlebihan yang malah akan mematahkan simpul senyum kita,.


Tulis Komentar