Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

ZetSet.Net – Ternyata selain isinya, kulit pisang juga mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk memurnikan air, Menurut sebuah penelitian di jurnal Industrial & Engineering Chemistry Research, kulit pisang bisa menyaring logam berat terutama timbal (Pb) dan tembaga (Cu).

Dalam penelitian tersebut, kulit pisang yang digunakan tidak dimodifikasi sedikitpun melainkan hanya dicincang kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam air yang tercemar. Cincangan kulit pisang bisa dugunakan hingga 11 kali tanpa kehilangan kemampuannya untuk menyerap logam berat.

Baca Juga: Wow! Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Manusia

Namun hal diatas hanya salahsatu dari banyaknya manfaat kulit pisang, manfaat lain dari kulit pisang selain untuk memurnikan air. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

Untuk Kesehatan Wajah

Siapa sih yang tak ingin memiliki wajah yang sehat berseri? Jika Anda menginginkan kulit wajah yang bisa memancarkan kecantikan secara maksimal, tak ada salahnya mencoba masker kulit pisang ini. Caranya adalah dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada seluruh permukaan wajah sebelum tidur secara merata.

Biarkan selama semalam, lalu cuci keesokan harinya dengan air hangat. Gunakan kulit pisang fresh, yang baru saja dikupas dari buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Dapat menghilangkan Jerawat

Kulit pisang juga sangat bermanfaat bagi kecantikan karena beberapa kandungan seperti vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalim yang terdapat didalamnya. Salah satu adalah dapat menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terdapat di dalam kulit pisang ini juga dapat mengurangi minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat.

Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengambil kulit pisang yang masih kuning lalu gosok – gosokkan pada muka dan jika sudah menghitam ambil lagi dan ulangi. Lakukan kurang lebih 10 menit dan biarkan 30 sampai 1 jam lalu bilas. Cara ini dapat dilakukan setiap hari hingga noda jerawat yang tampak kemerahan mulai memudar serta jerawat tidak muncul kembali.

 

Memutihkan gigi

Salah satu manfaat kulit pisang adalah memutihkan gigi. Kandungan mangan, magnesium, dan potassium pada kulit pisanglah yang dapat membantu memutihkan lapisan email pada gigi. Cara membuat kulit pisang untuk menjadi pemutih gigi sangat mudah, yakni dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang dengan melakukan gerakan melingkar selama dua hingga lima menit.

Setelah itu bersihkan dengan cara menggosok gigi. Lakukan cara selama satu sampai dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Meredakan nyeri

Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.

 

Mengatasi gatal

Gatal-gatal akibat gigitan serangga atau alergi ringan bisa diatasi dengan kulit pisang. Caranya cukup dengan menempelkannya di permukaan kulit yang terasa gatal.

 

Menyuburkan tanah

Tidak hanya untuk campuran kompos, kulit pisang bisa langsung ditimbun begitu saja ke dalam tanah untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya. Kulit pisang memiliki kandungan potassium yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman.

 

Mempercepat kesembuhan luka

Luka yang sudah mulai kering terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras. Serpihan itu bisa dihilangkan lebih cepat hanya dengan mengoleskan kulit pisang, karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.

 

Mengkilapkan tanaman hias

Berbagai tanaman hias semacam anthurium, gelombang cinta dan sejenisnya akan lebih menarik jika daunnya tampak hijau mengkilap. Gunakan sisi dalam kulit pisang yang teksturnya lunak untuk memolesnya, maka dedaunan itu akan mengkilap dan lebih tahan lama.

 

Mengobati Jerawat Membandel

Salah satu khasiat yang anda dapatkan dari kulit pisang yakni mengobati jerawat. Caranya cukup menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada jerawat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin dan oleskan saat malam hari agar jerawat tak terlihat lagi.

 

Pencegah Memar dan Iritasi pada Kulit

Kulit pisang mengandung mineral serta antioksidan alami yang sangat membantu untuk peremajaan kulit dan menyembuhkan iritasi ataupun luka memar pada kulit bagian luar. Caranya cukup mudah, dengan menempelkan kulit pisang pada area terluka. Biarkan selama 1 malam hingga pagi, setelah itu bilas dengan air bersih.

 

UV Protection

Selain manfaat di atas, kulit pisang juga mengandung zat yang bisa digunakan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet berbahaya, lho. Untuk merasakan manfaat kulit pisang untuk kulit yang satu ini bisa dilakukan dengan cara menggosokkan kulit pisang pada area kelopak mata. Pastikan kulit pisang yang Anda pakai telah dijemur selama beberapa saat . Penggunaan secara teratur juga terbukti untuk menurunkan risiko katarak.

 

Obat Alami Penyakit Psoriasis

Manfaat kulit pisang dapat digunakan bagi penderita Psoriasis, yakni penyakit yang ditandai dengan adanya sisik berwarna keperakan dan tambahan warna merah serta perih atau gatal. Apabila sisik ini digaruk akan mengakibatkan bintik pendarahan yang cukup sakit.

Cara mengatasinya yakni mengoles atau menggosokkan kulit pisang pada area kulit yang terkena Psoriasis secara merata. Pada awalnya akan nampak kemerahan pada kulit namun lama kelamaan warna tersebut akan reda atau menghilang secara sendirinya.

 

Dapat Mengobati Sakit Kepala

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan yang lain yaitu dapat mengatasi sakit kepala atau migran. Cara ini sangat mudah untuk di lakukan karena sangat sederhana, yaitu dengan menumbuk kulit pisang lalu tempelkan pada dahi. Lakukan cara ini hingga sakit kepala anda menghilang.

 

Anti Depresan

Penelitian yang pernah dilakukan pakar di Amerika menyebutkan bahwa meminum kulit pisang hangat dengan cara dijus dapat meredakan emosi. Kulit pisang juga mengandung triptofan yang memperbaiki suasana hati dengan cara menaikan kadar serotonin. Serotonin inilah zat yang bertanggung jawab menyeimbangkan emosi dan mood seseorang.

 

Untuk Mengobati Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk akan membuat bengkak dan rasa pada kulit, untuk mengatasinya kita dapat menggunakan kulit pisang. Kulit pisang juga dapat mengurangi bekas dari gigitan caranya dengan potong kecil – kecil kulit pisang lalu tempelkan pada kulit dan diamkan kurang lebih 15 menit setelah itu cuci dengan air bersih.

 

Dapat Mengobati Kutil

Kutil adalah daging tumbuh yang seperti jerawat dan bisa menjadi besar tetapi tidak berbahaya. Akan tetapi jika dibiarkan akan sangat mengganggu penampilan. Sekarang tidak perlu lagi pusing, kita dapat menggunakan kulit pisang . Caranya yaitu ambillah kulit pisang, potong sesuai ukuran kutil yang terdapat pada kulit tempelkan saat menjelang mau tidur di malam hari atau bisa juga dengan menggosok – gosokkannya kurang lebih 10 menit lalu bilas. Cara ini akan menampakkan hasilnya kurang lebih 8 hingga 15 hari.

 

Menghambat Kerutan pada Wajah

Tidak dapat di pungkiri semakin bertambah usia masalah pada kulit wajah akan mulai bermunculan, misalnya saja seperti keriput. Manfaat kulit pisang yang lain yaitu dapat menghambat kerutan pada wajah. Caranya sangat mudah, yaitu siapkan kulit pisang dan kerok bagian dalam kulit pisang kemudian tambahkan dengan satu sendok teh madu murni. Setelah itu balurkan campuran tersebut kepada wajah yang mulai keriput dan diamkan kurang lebih selama 15 menit dan bersihkan wajah dengan handuk hangat. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan itu selama 3 kali seminggu.

 

Mengkilapkan Sepatu

Manfaat kulit pisang selain untuk kesehatan , kulit pisang dapat juga bermanfaat untuk mengkilapkan sepatu. Sepatu yang telah kusam dapat kembali lagi mengkilap seperti baru beli. caranya sangat mudah hanya cukup menggosokkan kulit pisang pada sepatu seperti menggunakan semir sepatu, maka sepatu anda akanmenjadi mengkilap lagi. Selain dapat di gunakan semir sepatu kulit pisang juga dapat mengkilapkan benda atau alat dapur yang terbuat dari logam.

 

Baca Juga: Hilangkan Uban Dengan Kulit Kentang Dalam 5 Menit

 

Setelah mengetahui beragam manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan untuk kehidupan sehari-hari di atas, tentunya Anda bisa lebih bijak dalam memanfaatkan buah yang satu ini. Jika Anda memakan pisang di kemudian hari, jangan serta merta membuang kulitnya, ya.

Karena selain membuat orang jatuh terpeleset saat menginjaknya, sehingga dianggap sebagai sampah yang paling menyebalkan, kulit pisang juga ternyata mengandung manfaat untuk berbagai hal seperti di atas.

Yatna Supriyatna

Selama ada keyakinan, semua akan menjadi mungkin


Tulis Komentar