Makanan Apa Saja Yang Dilarang Saat Haid ?!

ZetSet.Net – Sebagai seorang wanita kamu pasti pernah mengalami haid. Haid atau yang dikenal dengan istilah menstruasi merupakan salah satu siklus alamiah dan juga natural yang dialami oleh perempuan. Haid merupakan proses keluarnya sel telur yang tidak dibuahi. Haid pertama kali akan muncul pada usia remaja, yang dikenal dengan istilah “menstruasi pertama”. Ketika menstruasi terjadi, hal ini menunjukkan bahwa secara seksual, seseorang sudah siap untuk dibuahi dan memiliki anak. Namun demikian ada banyak sekali pantangan yang membuat seseorang tidak bisa segera memiliki anak, salah satunya adalah karena faktor usia dan kesiapan mental yang belum matang.

Kembali ke proses haid atau menstruasi. Saat proses ini terjadi maka akan muncul beberapa gejala-gejala yang akan terasa pada wanita ketika mengalami menstruasi. Berikut ini adalah beberapa gejala yang seringkali muncul pada wanita ketika mengalami masa-masa haid :

  • Rasa sakit dan juga nyeri pada bagian pinggang, panggul, dan  punggung
  • Mengalami perubahan emosi dan juga mood
  • Mengalami PMS
  • Nyeri pada bagian perut

Ketika sedang berada pada masa -masa haid kesehatan tubuh amatlah penting, karena haid dapat menyebabkan tubuh terasa sakit dan lemas, bahkan bisa membuat seseorang menjadi pingsan. Salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi saat haid adalah dengan gaya hidup sehat, salah satunya membatasi konsumsi makanan tertentu. Faktanya adalah ada banyak jenis makanan yang dilarang pada saat haid, karena dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan atau menimbulkan rasa sakit yang lebih pada bagian tubuh anda.

Baca Juga : Wanita Wajib Tahu, Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Menstruasi?!

Apa saja makanan yang dilarang saat haid? Berikut ini adalah beberapa jenisnya :

Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Makanan yang dilarang saat haid yang pertama adalah jenis makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein. Pada saat haid, ada baiknya anda mengurangi asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh anda dan lebih baik lagi jika bisa menghentikan konsumsi kafein ini. Bahaya kafein dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah, sehingga dapat menyebabkan terjadinya abnormalitas pada pendarahan saat anda mengalami haid atau menstruasi.

Naah, kafein ini banyak terdapat pada :

  • Kopi
  • Teh
  • Minuman Energi

 

Makanan Dengan Kandungan Minyak Terlalu Banyak

Makanan berikutnya yang dilarang pada saat haid adalah makan makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak, atau sering kita kenal dengan nama gorengan. Makanan yang satu ini memang sangatlah gurih dan lezat ketika dimakan sebagai camilan. Namun demikian kandungan minyak yang sangat tinggi, akan menyebabkan meningkatkan jumlah lemak dan kolesterol tinggi di dalam tubuh, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap siklus haid. Bahaya mengkonsumsi gorengan akan menyebabkan kolesterol yang menyebabkan kurang lancarnya peredaran darah, yang akan berpengaruh terhadap haid yang alami.

 

Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis

Gula dan beberapa jenis makanan yang terlalu manis juga disinyalir tidak baik untuk dikonsumsi ketika sedang mengalami masa haid. Hal ini disebabkan karena gula akan memberikan kalori yang terlalu tinggi, yang akan menyebabkan gangguan haid. Apabila anda tetap ingin mengkonsumsi makanan yang memilki rasa manis, maka a dapat mengurangi kadar gula di dalam jenis makanan lainnya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Konsumsi makanan manis ini juga bisa dipengaruhi oleh :

  • Sakarin
  • Gula Rafinasi
  • Makanan Yang Mengandung Kalori

Junk Food

Makanan yang dilarang saat haid lainnya adalah makanan yang merupakan jenis makanan junk food dan makanan cepat saji. Kandungan lemak dan juga kolesterol pada junk food ini merupakan salah satu yang tertinggi, dan dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak wajar. Selain itu, bahaya makanan cepat saji ini akan menyebabkan terganggunya proses haid atau menstruasi yang anda alami.Karena itu, demi kesehatan anda dan juga kelancaran dari proses haid yang anda almi, maka anda harus menghindari junkfood, dan konsumsilah makanan yang kaya akan serat, protein dan juga zat besi.

Baca Juga : Kembalikan Warna Merah Muda Alami Bibirmu, Ladies !

 

Makanan Olahan

Selain junk food makanan yang dilarang saat haid berikutnya adalah jenis makanan olahan. Makanan olahan seperti nugget, bakso, mie, dan berbagai jenis makanan lainnya juga merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang saat haid. Makanan ini bisa saja menyebabkan gangguan kelancaran dari proses haid yang anda jalani.

 

Makanan Berlemak Tinggi

Daging merah merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein dan baik untuk yang sedang mengalami masa haid. Namun demikian, sayangnya daging merah memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak yang tinggi inilah yang membuat daging merah menjadi salah satu jenis makanan yang dilarang saat haid. Apabila ingin mengkonsumsi daging merah, maka kurangi porsinya atau konsumsi daging tanpa lemak, sehingga tidak berpengaruh pada proses haid atau menstruasi yang anda alami.

Daging berlemak ini terdapat pada :

  • Daging Asap
  • Daging Kambing
  • Daging Celeng

Tips Memilih Makanan Saat Haid

Selain daftar makanan di atas, semua makanan bisa anda konsumsi ketika anda haid. Namun demikian pastikan beberapa hal berikut ini untuk menjaga asupan gizi dari makanan anda pada saat haid :

  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan alergi
  • Selalu makan makanan yang memiliki higienitas tinggi
  • Perbanyak asupan makanan kaya serat dan protein
  • Jagalah pola makan dengan teratur, jangan sampai kekurangan gizi
  • Perbanyak minum air putih
  • Beristirahatlah apabila anda merasakan sakit
  • Usahakan jangan menggunakan pain killer atau obat-obatan penghilang rasa sakit, karena akan berdampak buruk bagi sistem imun tubuh anda
  • Lakukan kegiatan seperti biasa

Itulah beberapa makanan yang dilarang saat haid. Semoga artikel mengenai makanan yang dilarang saat haid ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan semoga artikel inidapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi anda semua.

Onitha Indriani

Yang begitu tinggi saja tak melangit, tapi mengapa banyak tanah yang merupa angkasa?!,.


Tulis Komentar