Kebiasaan Keramas Seperti Ini Ternyata Bikin Rambut Jadi Rusak

ZetSet.Net – Rambut adalah sesuatu yang sangat berharga, memiliki rambut indah dan sehat adalah dambaan setiap orang apalagi bagi kaum wanita hingga ada istilah rambut adalah mahkota wanita.

Rambut tidak hanya membuat wanita terlihat indah, tapi rambut juga berfungsi menghangatkan kepala. Biasanya kebanyakan orang jika ingin memiliki rambut yang sehat cukup dengan mencuci rambut sesering mungkin, namun hal itu ternyata salah dan yang ada rambut kamu malah jadi rusak dan kering.

Lalu bagaiamana cara mencuci rambut yang baik dan benar agar rambut terhindar dari kerusakan, oleh karena itu sebaiknya kamu lihat dulu enam kesalahan fatal saat mencuci rambut :

Tidak Basah Secara Merata

Tidak Basah Secara Merata

Ketika ingin mencuci rambut, pastikan rambut terbasahi secara merata guyur secara perlahan hingga rambut masih penuh dengan air. Jika ada bagian rambut yang belum terbasahi dan langsung menggunakan shampoo itu akan mengakibatkan rambut rusak dan jadi kering.

Menggaruk Dengan Kuku

Menggaruk Dengan Kuku

Ini merupakan hal yang sering terjadi, menggaruk rambut dengan kuku, itu akan melukai kulit kepala dan akan memproduksi banyak minyak sehingga rambut kamu jadi kusut dan lepek. Sebaiknya hentikan segera kebiasaan itu dan pijatlah kulit rambut kamu dengan ujung jari tangan.

Langsung Memakai Conditioner

Langsung Memakai Conditioner

Banyak merk conditioner yang menawarkan produk bagus dengan waktu yang singkat, sebaiknya kamu jangan mengikuti aturan itu, karena terkesan terburu-buru.

Baca juga : Panjangin Rambutmu Dalam Waktu Singkat Ladies

Ketika sudah mencuci rambut sebaiknya diamkan terlebih dahulu selama 10 menit hingga agak kering. Setelah itu kamu bisa memakai conditioner, tapi jangan menggunakan conditioner sampai ke akar rambut, karena akan mengakibatkan rambut jadi berminyak.

Menggunakan Air Panas

Menggunakan Air Panas

Jangan keramas dengan air panas walaupun hal itu membuat kamu tenang, karena jika menggunakannya akan membuat kelenjar pada kulit menjadi aktif dan akan memproduksi lebih banyak minyak hingga rambut kamu jadi berminyak dan lepek.

Agar rambut tidak berminyak keramaslah dengan air dingin, karena hal ini dapat membuat rambut jadi lembab, berkilau dan sehat.

Tidak Membilas Dengan Bersih

Tidak Membilas Dengan Bersih

Jika menurut kamu mencuci rambut itu asal wangi saja, maka hal itu salah. Jika kamu membilasnya dengan tidak bersih dan masih ada busa-busa kecil di rambut, maka busa yang masih ada di sela-sela rambut akan menimbulkan serpihan putih seperti ketombe dan membuat rambut jadi rontok dan rapuh.

Mulai sekarang pastikan rambut terbilas dengan bersih hingga tidak ada busa di sela-sela rambut.

Mengeringkan Rambut Terlalu Kuat

Mengeringkan Rambut Terlalu Kuat

Ketika rambut selesai di keramas, jangan sesekali kamu mengeringkannya dengan menggosok pakai handuk secara kuat dan cepat, hal itu akan membuat rambut jadi rusak dan mudah rontok, biarkan saja handuk yang menyerap air pada rambut yang basah.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara mencuci rambut, walaupun terlihat sepele tapi jangan menyepelekan tata cara mencuci rambut di atas, agar rambut kamu terhindar dari kerusakan, sehat dan berkilau.

Mulai sekarang, hindari kesalahan-kesalahan fatal yang dapat membuat rambut jadi rusak dan tidak sehat, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tristan Fauzan

Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And Dapetin Hidup Yang Mandiri


Tulis Komentar