Jangan Sampai Keliru Ketika Ingin Menghemat Baterai Android

ZetSet.Net – Cara mudah menghemat baterai smartphone android agar tidak cepat habis, baterai memang menjadi komponen terpenting. Tanpa benda tersebut, apalah gunanya android. Namun tidak sedikit para penggunanya tidak memperhatikan hal-hal yang bikin baterai boros.

Salah satu diantaranya seperti mendownload aplikasi yang terlalu banyak, padahal kamu sama sekali tidak begitu membutuhkannya, dan yang ada android kamu jadi lemot, hank dan lag serta baterainya pun jadi cepat habis.

Baca juga: Tips Charge Smartphone Yang Benar Biar Umurnya Awet

Perlu kamu ketahui bahwa dari sekian banyak cara menghemat baterai smartphone android, ternyata tidak semuanya aman. Bahkan cara menghemat baterai yang mungkin sering kamu lakukan selama ini ternyata salah, Seperti diantaranya :

Bahaya Menghapus Aplikasi di Recent Apps

Bahaya Menghapus Aplikasi

Salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui, ternyata menghapus dan mematikan aplikasi secara paksa lewat Recent Apps secara terus menerus bukanlah hal baik, apalagi aplikasi tersebut sering dibuka.

Pasalnya, saat aplikasi dihapus secara paksa lalu kamu memulai kembali aplikasinya. Aplikasi tersebut akan membutuhkan usaha yang lebih besar pada CPU, RAM, dan baterai sehingga lambat laun performa Android akan menurun.

Baca juga: Android Anda Hilang? Tidak Perlu khawatir, Coba Cara ini!

Saat kamu menghapus recent app lalu kamu buka kembali. Pasti aplikasi tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terbuka. Berbeda jika kamu mematikannya secara normal, lewat menu Close atau Exit di dalam aplikasinya.

Bagaimana Cara Menghemat Baterai yang Tepat?

Bagaimana Cara Menghemat Baterai

Agar tidak keliru dan salah kaprah, cara terbaik untuk menghemat baterai smartphone android kamu adalah dengan mengatur notifikasi yang masuk, mengurangi durasi Screen On Time, matikan data seluler kita jika tidak dibutuhkan seperti saat kamu tertidur, kurangi kecerahan dan gunakan wifi bila ada sebab wifi lebih hemat baterai dibandingkan data seluler.

Untuk mengatur notifikasi yang masuk, kamu bisa menghentikan akses aplikasi yang bisa menghentikan fitur Auto Start.

Jadi, mulai sekarang hentikan menghapus aplikasi di daftar Recent Apps ya! Kalau mau menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, gunakan fitur Force Stop aja. Itu pun jika akan digunakan dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa tips agar baterai smartphone android tetap awet tidak cepat habis, semoga bermanfaat.

Tristan Fauzan

Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And Dapetin Hidup Yang Mandiri


Tulis Komentar