Jangan Menggunakan Kembali Botol Air Mineral Bekas

ZetSet.Net – Botol kemasan air mineral bekas banyak digunakan kembali untuk tempat air minum, atau sekedar tempat stok air dingin di lemari pendingin. Sekilas terlihat tak apa-apa, namun faktanya ada resiko kesehatan yang bisa terjadi dari kebiasaan tersebut lho.

Pertanyaannya adalah, apakah menggunakan kembali botol air bekas akan berpengaruh pada kesehatan kita? Dalam beberapa kasus, jawabannya adalah ya. Ada tiga hal penting yang harus Anda ketahui sebelum mengisi ulang botol air bekas Anda seperti dikutip dari situs Lifehack.

 

Bakteri yang berkembang biak

Studi yang dilakukan University of Calgary menunjukkan adanya perkembangan bakteri jahat di botol bekas, terutama yang sudah penyok atau tergores. Penelitian pada botol air mineral siswa SD yang tidak dicuci, kandungan bakterinya tinggi sebab botol tersebut berada di suhu ruangan setiap hari. Hal itu memungkinkan bakteri hidup baik dan berkembang biak.

Sebaiknya gunakan botol air mineral cukup sekali pakai. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan penggunaan yang berkepanjangan, botol sekali pakai yang sudah tergores atau penyok dapat menjadi pelabuhan beragam jenis bakteri jahat. Bahkan untuk botol air yang memang dapat digunakan kembali, juga dapat memungkinkan bakteri untuk berkembangbiak, dan terkontaminasi mikroba jika tidak dirawat dengan baik.

Baca Juga: Phobia Dokter Gigi, Tapi Muak Dengan Karang Gigimu? Intip Ini Aja

Jika Anda menggunakan botol yang dapat digunakan kembali, pilih yang bermulut lebar sehingga Anda dapat lebih mudah dibersihkan bagian dalamnya, dan pastikan untuk mencucinya setiap hari. Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda secara teratur, karena semua bakteri hadir akibat bersentuhan dengan botol minum Anda.

 

Lepasnya bahan kimia

Membersihkan botol air dapat menyebabkan kebocoran bahan kimia. Apakah Anda kerap menggunakan air hangat dan sabun saat mencuci botol Anda karena suatu alasan?Ternyata menggunakan air panas atau mendidih untuk mensterilkan botol air bekas pakai tidak dianjurkan.

Salah satu profesor menyatakan bahwa membersihkan botol sekali pakai Anda dengan air mendidih (atau dalam mesin pencuci piring) sangat berbahaya.

Baca Juga: Hilangkan Uban Dengan Kulit Kentang Dalam 5 Menit

Bahan plastik yang biasanya digunakan oleh botol mineral tidak dirancang untuk dipanaskan. Ada kemungkinan bahwa bahan kimia berbahaya dapat meresap keluar dari plastik dan menyebar ke dalam cairan apa pun yang Anda dimasukkan ke dalamnya.

 

Bakteri berkumpul di bagian mulut botol

Sebagian besar bakteri botol air mineral ada pada mulut botol atau area Anda meletakkan mulut Anda. Botol air bekas menjadi tempat bagi bakteri dengan ekosistem hampir sempurna. Terutama pada bagian atau area Anda kerap meletakkan mulut untuk minum.

Salah satu studi menyoroti fakta ini. Botol air yang sama digunakan selama seminggu, dan diperintahkan untuk tidak mencucinya. Pada akhir minggu, para ilmuwan mengambil swab dan pada bagian area Anda meletakkan mulut. Ketika para ilmuwan ini menginokulasikannya bakteri tersebut, mereka menemukan bahwa bakteri ini dapat membuat seseorang keracunan.

Baca Juga: Wow! Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Manusia

Satu-satunya cara untuk mencegah semacam bakteri tumbuh dalam botol Anda adalah untuk rajin mencuci. Jika itu adalah botol sekali pakai, segera buang setelah digunakan. Selain itu, tutup botol air dengan rapat.



Penulis: Ririn Kaira Dewi

Tentang Ririn Kaira Dewi:
Kesempurnaan adalah hal pertama yang selalu saya pikirkan ketika saya melakukan sebuah pekerjaan.




Tulis Komentar