Hubungan Tak Lagi Seindah Pelangi? Lakukan Ini

ZetSet.Net – Cinta itu seperti pelangi, Penuh dengan keindahan tapi gak tahan lama. Cinta itu seperti pelangi. Dia ada, indah, tapi tak bisa kau miliki selamanya. kamu hanya bisa memandanginya. Menikmatinya. Memilikinya untuk saat itu saja. Tak ada jaminan untuk hari esok.

Kedengarannya pesimis bukan? Ah, tapi ga juga. Lihat deh pelangi. Dia ada setelah hujan, dan Tuhan membuatnya dapat memilih untuk muncul dimana saja dia inginkan. Dan saat ia muncul, langit yang beruntung itu adalah langit yang terpilih. Kamu tidak boleh takut. Cinta itu indah seperti pelangi. Mohonlah pada Sang Pencipta pelangi, agar kamu bisa memperpanjang waktu pelangimu singgah di hati, bahkan mungkin kamu bisa memilikinya seumur hidupmu.

Baca Juga: Penyebab Adanya Orang Ketiga Dalam Sebuah Hubungan

Menjalinan hubungan selama bertahun-tahun tidak bisa menjamin bahwa hubungan tersebut bisa langgeng. Bahkan ketika sebuah hubungan sudah memasuki tahap serius menuju pernikahan masih ada kemungkinan putus ditengah jalan. Dalam hal ini saling mencintai bukan satu-satunya landasan cinta agar tetap bertahan.

Masih banyak aspek lain yang mesti dilakukan untuk mempertahankan jalinan cinta, termasuk cara memperbaiki hubungan apabila jalinan cinta mulai tak harmonis lagi. Meski saling cinta, saling setia, dan saling percaya merupakan hal yang harus diprioritaskan dalam hubungan percintaan.

Jalinan cinta yang mulai retak biasanya ditandai dengan kecurigaan, pertengkaran, yang berujung saling diam. Kondisi seperti itu memang sangat beresiko pada perpisahan karena merasa tidak ada kecocokan sehingga seolah-olah hubungan sudah tidak ada gunanya lagi diteruskan. Namun keretakan hubungan bukanlah akhir segalanya.

Masih banyak jalan agar hubungan kembali harmonis tentunya dengan itikad baik dari kedua belah pihak. Berikut adalah tips yang dapat kamu lakukan agar hubungan menjadi hangat setelah sekian lama bersama-sama.

Kamu harus tahu bahwa cinta itu adalah sebuah anugerah, namun dia tidak akan tumbuh bila tidak dirawat dengan sepenuh hati. Berikut adalah tips yang dapat kamu lakukan agar hubungan menjadi hangat setelah sekian lama bersama-sama:

 

Tips Memperbaiki Hubungan Yang Tidak Lagi Indah

hubungan tidak lagi indah

Selama kamu atau pasanganmu tidak pantang arah untuk kembali menghidupkan gemerlap kembang api, cinta sejati pasti akan mudah untuk didapat. Insan mana coba yang menginginkan hubungan mereka berlanjut hingga ke jenjang pernikahan, memiliki anak, dan berakhir oleh waktu yang memisahkan.

Baca Juga: Arti Dari Pelukan Pasangan Yang Mesti Kamu Ketahui

Selain saling cinta, saling percaya, dan saling setia, hubungan percintaan bisa dipererat dengan beberapa tips berikut ini:

 

Break for a While

Biasanya jika hubungan percintaan mulai retak suasana menjadi kaku setiap kali bertemu. Menyikapi kondisi ini sebaiknya kita tidak bertemu dulu dengan pasangan untuk sementara waktu, daripada tiap ketemu saling diam atau selalu ribut. Ini penting supaya kita dan dia bisa instropeksi diri masing-masing. Namun meski tidak ketemu komunikasi harus tetap normal, misalnya via telpon, SMS, atau media sosial.

 

Menyalurkan Hobi

Selama kita ‘break’ atau tidak ketemu dengan pacar, kita bisa mengisi waktu dengan meyalurkan hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Kita kerjakan hal yang selama berhubungan dengannya sangat jarang kita lakukan karena keterbatasan waktu.

Tapi kita harus hindari kegiatan yang merugikan diri sendiri dan pasangan misalnya selingkuh atau terlalu aktif di jejaring sosial. Hal tersebut bukan lagi cara memperbaiki hubungan, tapi justur malah membuat hubungan semakin rumit.

 

Jujur pada Pasangan

Berkata jujur pada pasangan tentang apa yang kita rasakan lebih baik daripada memendamnya terlalu lama. Mungkin awalnya dia akan tersinggung, kaget, marah, dan sebagainya.

Namun setidaknya kita bisa lebih lega karena ‘rasa tidak enak’ dihati kita telah diketahui pasangan, kita tinggal mencari solusi terbaiknya saja.

 

Mempertegas Komitmen

Jika kita pacar yang baik, kita wajib mengenal sisi lain dari kehidupan pasangan. Jadi jika hati sudah merasa lebih tenang, ada baiknya kita ketemuan lagi dengan dia.

Pelan-pelan kita buka lagi pembicaraan tentang masalah yang kemarin belum terselesaikan, dengan saling memberi opini juga masukan, dan tentu saja dengan kepala dingin bukan dengan emosi. Jika solusi sudah ditemukan, maka harus dijadikan komitmen antara kita dan pasangan agar nantinya tidak terulang kejadian yang sama.

 

Pacaran dengan Metode Baru

Jika keretakan hubungan sudah tak mungkin lagi diperbaiki sebaiknya kita terima dengan lapang dada, yang penting kita sudah berusaha mempertahankannya. Intinya jika harus putus ya putus saja anggap saja dia memang bukan jodoh kita. Tapi jika ingin hubungan tetap dipertahankan kita harus memiliki cara berpacaran dengan konsep berbeda.

Dengan kata lain kita haru coba berpacaran dengan metode baru, misalnya jika dulu pacaran hanya dihabiskan dengan ngobrol, nonton bioskop, atau dinner tak ada salahnya kita coba cara lain yang lebih variatif. Jika gaya monoton masih diterapkan, pasti kita atau pasangan lebih cepat bosan sehingga tak ada perkembangan apapun dalam hubungan tersebut.

Sebenarnya cara memperbaiki hubungan tidak lagi menjadi hal penting jika kita bisa menjadi pacar yang menyenangkan. Jadi pacar menyenangkan tidak harus memanjakan pasangannya dengan materi berlimpah, cukup dengan setia dan menerima kekurangan juga kelebihan masing-masing, ini sudah menjadi awal yang bagus agar hubungan tetap langgeng.

Kamu harus tahu bahwa cinta itu adalah sebuah anugerah, namun dia tidak akan tumbuh bila tidak dirawat dengan sepenuh hati

Dalam hubungan percintaan, terdapat sebuah keharusan untuk sama-sama menjaga yang namanya cinta. Kamu harus bisa merawat dengan baik cinta itu. Perlu adanya kesadaran diri yang dibarengi dengan konsistensi. Karena cinta yang pudar, tidak akan terjadi hanya dalam waktu semalam saja. Pudarnya cinta akan berimbas pada kekuatan cinta kalian yang tidak dapat dijaga.

Jika kamu tidak merasakan kebahagiaan selama berpacaran dengannya, mungkin kalian telah terperngkap kedalam pola cinta yang salah dimana salah satu pihak lebih berandil besar dibandingkan yang lainnya

Hal tersebut tentunya tidak boleh dibiarkan saja, kalian harus segera menemukan jalan agar hubungan kembali berjalan normal. Masalah jarak yang memisahkan juga akan berpengaruh pada kelangsungan hubungan yang kalian jalani. Bila hanya dibiarkan hubungan bisa akan semakin lebar dan dingin. Berbicaralah kepadanya dan jalin komunikasi ang baik dengan mendengarkan pendapatnya.

Bertanya pada diri sendiri: Apa yang membuat kamu jatuh cinta kepadanya?

Disini kamu harus kembali mengenang saat masa-masa kamu jatuh cinta kepadanya. Ini merupakan momen yang sangat menyenangkan bukan? Hati berbunga, pikiran berseri-seri, mata bersinar, semua anggota tubuh sedang bersemangat. Nah disaat itu, kamu harus menyadari bertapa susahnya kamu mendapatkan hatinya, jangan sampai perjuangan yang dulu telah dilakukan terbuang sia-sia hanya masalah sepele.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Teringat Terus Sama Mantan

Cari satu hal yang dapat membuat kalian beruda sama-sama terlibat ke dalamnya

Setiap individu memang tak salah memilih dan menjalankan minatnya masing-masing, namun yang menjadi masalah adalah jika minat tersebut membuat kamu menjadi sibuk sehingga pasangan akan terabaikan. Maka dari itu, cobalah untuk mencari kegiatan atau minat yang dimana kalian terlibat bersama di dalamnya. Misalnya traveling, olahraga bersama, dan lain-lain. Itu akan membantu menghangatkan hubungan kalian berdua.

Lakukan sesuatu yang bernilai kepada pasanganmu

Cinta merupakan sesuatu yang kecil, namun walaupun kecil itu sangat berharga bagi pasanganmu. Tanamkan cinta di hatimu, kelak itu akan menjadi investasi jangka panjang demi kelangsungan hubungan yang kalian jalani.

Saat hubungan terasa tidak seindah dulu lagi, kadang kala muncul rasa atau opini untuk menyalahkan pasanganmu, tapi itu tidak etis kawan. Pasanganmu itu tidak bersalah, walaupun dia tidak bisa mengerti dirimu. Carilah sesuatu yang dapat membuat cinta utuh kembali, perhatikan juga komunikasi dengannya. Itu akan membuat cinta terasa gemerlap bak kembang api yang melayang-layang di langit.

Kuncoro Ariwibowo

Jadilah kamu seperti casing. Kamu bisa menutupi aib keluarga serta para sahabatmu dan memperindah mereka dimata dunia


Tulis Komentar