Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Lebih Percaya Diri

ZetSet.Net – Membangun kepercayaan diri memang tidaklah mudah tetapi juga tidaklah susah. Jadi kita tidak perlu ke Psikiater untuk membangun rasa percaya dari dalam dirimu, ada kok hal-hal kecil yang mampu meningkatkan rasa percaya dirimu.

Cara sederhana agar kita mampu menjalani hidup dalam keadaan nyaman ialah lebih percaya diri dalam menjalani hidup dan sebagai bekal mengejar kesuksesan. Karena dengan kepercayaan terhadap diri sendiri tidak hanya membuat kita tampil lebih meyakinkan di hadapan orang lain, selain itu ka kamu juga akan berani mencoba berbagai kemungkinan diluar sana.

Namun pada kenyataanya menumbuhkan rasa percaya diri tidak mudah, tapi kamu tidak perlu khawatir rasa percaya diri bisa dilatih kok. Supaya percaya dirimu semakin meningkat setiap hari lakukanlah hal di bawah ini.

Jangan Keseringan Bilang Sorry Tanpa Tahu Salahmu

terima kasih

Mulai sekarang Perbanyaklah Bilang Terimakasih Untuk Menghargai Orang Lain dan Dirimu Sendiri, Kata “Sorry” bila dicari maknanya berarti wujud dari sifat legowo yang mengakui bahwa kamu salah dan mau bertanggung jawab atas tindakan yang kamu lakukan.

Namun kata “Sorry” sekarang banyak dipakai tanpa mempedulikan konteksnya, sebagai contoh ada teman pinjam tapi kamu tak punya bilang “Sorry”, temanmu yang salah malah kamu yang bilang “Sorry. Hal-hal seperti inilah yang membuat kadar percaya dirimu menurun. Berbeda dengan kata “Trimakasih” yang lebih mengkespresikan sebuah posisi yang setara. Yuk mari biasa menempatkan kata maaf pada konteks yang pas.

Mencatatat Targetmu di Hari Esok

mencatat target

Biasanya orang hanya membuat resolusi setiap satu tahun sekali yaitu di momen tahun baru, nah mulai sekarang biasakan dirimu membuat resolusi harian tanpa mengaggu resolusi tahunanmu. Contoh sederhananya kamu punya target seperti : menyelesaikan buku dalam jangka waktu berapa minggu, mendapat satu klien dalam sehari, membantu orang lain walau berapa menit dan sebagainya.

Kamu juga jangan lupa untuk mencatat keberhasilan dan kegagalanmu, karena data tersebut dapat kamu jadikan sebagai bahan itropeksi dan membangun rasa percaya diri lebih baik.

Fokus Mengembangkan Diri

mengembangkan diri

Fokus mengembangkan diri jauh lebih baik daripada kamu sibuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, Apa yang membuat kita tidak percaya diri barang kali adalah kebiasaan membandingkan dirimu dengan orang lain seperti “Di orangnya waw banget ya, kalau aku ma apah”, tidak heran kalau kamu merasa bahwa pencapaianmu tidak berarti apa-apa.

Jika diteruskan bisa-bisa membuat rasa percaya dirimu luntur. Daripada begini terus lebih baik kamu fokus untuk mengupgrade diri dan kamu patut berbangga hati atas keunikanmu, kamu juga tidak perlu menjadikan kesuksesan orang lain sebagai standar.

Tidak Perlu Sungkan Bila Dipuji

pujian

Tanggapilah dengan kalimat terimakasih dan mulailah belajar mengapresiasi diri sendiri. Enggan menerima pujian mungkin salah satu cara agar kita tidak menjadi sombong, jadi secara tidak sadar kita cenderung menolak saat mendapat pujian.

Pujian yang dilontarkan orang adalah wujud apresiasi atas prestasi yang kamu capai, oleh karena itu kamu perlu juga mengapresiasikan diri sendiri dengan berucap “ Trimakasih, saya akan berusaha lebih baik dari ini”. Ditambah dengan senyuman dijamin rasa dirimu akan terus bermunculan.

Rey Satria

Live simply, Love generously, Care deeply, Speak kindly


Tulis Komentar