Gerakan dan Respon Alamiah dari Tubuh Kita

ZetSet.Net – Terkadang kita sering tidak mengerti gerakan atau respon mendadak dari tubuh kita. Hal tersebut sering sekali kita lakukan, namun kita tidak mengetahui fungsinya. Tubuh kita merupakan sekumpulan jaringan yang sehat. Ia akan terus bekerja untuk menjaga agar kondisinya tetap normal. Sayangnya, faktor luar dan dalam kadang berpengaruh juga terhadap jaringan ini. Sehingga tubuh memberikan responnya untuk mempertahankan agar kondisi tubuh yang normal tetap terjaga.

Cara tubuh dalam mempertahankan kondisi ini kadang tidak kita pahami. Terkadang, apa yang kita anggap aneh, merupakan cara tubuh dalam melakukan pertahanan diri dari faktor yang mengganggu tadi. Seperti misalnya menguap, bersin, dan lainnya. Apa aja sih hal – hal aneh itu? Yuk kita simak.

Baca Juga : Hentikan Kerontokan Rambutmu Secara Alami 

Merinding

Selain rasa takut akan hantu, merinding sering disebabkan oleh cuaca dingin. Jadi merinding sebenarnya merupakan cara tubuh untuk menahan rasa panas dalam tubuh agar tidak terbuang dalam menghadapi lingkungan yang dingin.

 

Menggeliat

Di kala kerja, apalagi menjelang jam-jam setelah makan siang, tubuh sepertinya sudah pengen istirahat. Badan terasa capek dan butuh rebahan. Namun kondisi ini tiba-tiba hilang ketika badan kita menggeliat. Hal ini disebabkan mekanisme yang terjadi saat tubuh menggeliat adalah otot-otot meregang, melancarkan aliran darah, dan membuat badan kembali segar.

 

Bersin

Ketika bersin, tubuh sedang berupaya untuk mengeluarkan ‘sampah’ yang mengganggu sistem pernafasan manusia. Gangguan ini bisa berupa mikroba, penyebab alergi, maupun benda-benda yang terlihat oleh mata yang akan mengganggu saluran pernafasan.

Baca Juga : Hilangkan Tahi Lalat Pada Wajahmu Tanpa Operasi

 

Menguap

 

Ketika mengantuk, tubuh melakukan respon dengan menguap. Tapi tidak cuma itu, karena ketika menguap, tubuh memberikan sinyal bahwa otak kita sedang dalam posisi yang panas atau sedang sibuk dan perlu istirahat. Menguap adalah cara tubuh dalam meminta oksigen yang segar untuk segera ditransfusikan ke otak, agar sumber pikiran manusia ini bisa segera melakukan fungsinya kembali secara normal.

 

Menangis

Menangis merupakan cara tubuh dalam mengurangi rasa sakit yang diderita. Jadi kalau mau menangis, sebaiknya tidak usah ditahan-tahan, sebab hal tersebut justru memperparah gejala sakit yang diderita.

 

Tersentak Saat Tidur

Ketika sedang enak-enaknya tidur, kadang-kadang semacam ada hentakan mendadak. Kita pun terbangun, dan sering bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Hal ini terjadi karena ketika kita tidur, tubuh kita beristirahat, dan kinerja organ kita melambat. Agar tidak terlalu melambat yang bisa mengakibatkan kematian, otak pun mengirim hentakan tadi agar kita terkejut dan kemudian terbangun.

Baca Juga : Panjangin Rambutmu Dalam Waktu Singkat Ladies

 

Kulit Keriput Ketika Terkena Air Terlalu Lama

Ini sebenarnya merupakan upaya adaptasi dari kulit luar terhadap lingkungannya. Dalam air yang cukup lama, kulit membaca lingkungan sebagai sebuah kondisi yang licin. Untuk itu, kulit membentuk semacam ‘pori-pori’ tambahan agar kondisi yang licin itu bisa diatasi.

 

Cegukan

Cegukan merupakan reaksi mendadak akibat adanya kontraksi antara otot diafragma (otot yang ada diantara perut dan dada). Biasanya ditimbulkan ketika kita makan atau minum dengan cepat. Otot ini mengalami kejang dan sedikit menutup pita suara, sehingga munculah suara cegukan itu. Jadi cegukan merupakan cara tubuh untuk meregangkan otot yang kejang tadi.

Onitha Indriani

Yang begitu tinggi saja tak melangit, tapi mengapa banyak tanah yang merupa angkasa?!,.


Tulis Komentar