Cerita Saat Dijalanan Yang Mungkin Salah satunya Pernah kamu Alami

ZetSet.Net – Jika kita berkendara di jalanan raya itu bukan cuma butuh kehati-hatian saja tapi juga perlu extra sabar dalam menghadapi pengendara lain di jalan raya, emang sih nggak semua pengendara nyetir dengan ugal-ugalan. Tapi di jalan raya sana, ada beberapa orang yang suka nyetir seenaknya sendiri dan bikin jengkel pengendara lain.

Kalo kita ngomongin soal pengendara dan kendaraan, yang pasti adanya di jalan kan gaez? Mau jalan raya kek, jalan tol kek, jalan tikus kek, gang sempit dan jalan-jalan lainya pasti sering di lalui kendaraan berapapun jumlah rodanya.

Asal kamu tau gaez.. gini-gini juga saya ini termasuk pengendara yang taat aturan. Spion dua, roda dua, tutup pentil ada semua dan asli pula, knalpot ramah lingkungan soalnya bawaan dari pabriknya.

SIM dan STNK selalu bawa..
Lampu pasti nyala, dan yang paling penting..
Saya juga gak pernah ugal-ugalan gaez!

Gini-gini juga, saya masih sayang sama nyawa saya sendiri.

Saya ya gaez, kalo make motor paling cepet 60km/jam!
Lebih dari itu, asli saya suka deg-degan sekaligus takut..

Rem Blong

Takut kalo-kalo lagi cepet terus mau rem, eh remnya ujug-ujug blong!
Bisa-bisa saya mampus hari itu juga.

Baca juga: Kecelakaan-Kecelakaan Pesawat Yang Melibatkan Tim Sepakbola

Rata-rata saya make motor paling di 40km/jam.
Apalagi kalo ujan, lebih pelan lagi dari itu, jalan licin soalnya.
Selalu di lajur sebelah kiri, paling pinggir, pinggiiir banget.

Nih gaez, saya mau cerita kalo posisi saya lagi di jalan nih ya, sering banget saya nemuin hal yang membetekan, hampir tiap hari pula.

Kebetulan saya ini kalo pulang pergi kerja seringkali pake motor, jadi jarak yang ditempuh juga lumayan jauh lah, soalnya lintas kota lewatin jalan utama.

Jadi kendaraan dari berbagai daerah seringkali saya temuin gaez. Gak bakal saya sebutin daerah mana aja, yang jelas itu kendaraan orang-orang Indonesia.

Dari berbagai kendaraan itu pasti berbeda pengendara pula kan gaez, nah yang bikin saya gedek itu tingkah beberapa para pengendaranya.

Saya kasih tau kelakuan-kelakuan beberapa pengendara yang membetekan dan kadang di sumpahin yang nggak-nggak.
Ini hanya beberapa gaez, jadi nggak semua.

Kelakuan Pengendara Motor di Jalan Raya

Pengendara Motor

Kalo Nyalip, Jarang Bunyiin Klakson

Ngagetin dan ujug-ujug ada disebelah!
Udah gitu mepet-mepet lagi jalannya..
Padahal doi tau posisi kita ini udah paling pinggir.

Nyalip Dari Kiri

Udah tau kita ini lajurnya paling kiri banget..
Eh doi masih aja bisa nyalip dari kiri.

Beda jarak berapa centimeter aja!

Kalo nyenggol..
Mati konyol kita kalo dibelakang ada bus atau truk yang segede truk!
(kebayang gak tuh? truk segede truk?!)

Nyalip Ketika Kita Mau Menghindari Lobang di Jalan

Gimana gak gedek coba gaez?

Pas kita mau menghindari jalan berlobang..
Eh dari samping nglaksonin kenceng banget!
Udah gitu, ngebut pula make motornya.

Otomatis, kita yang niatnya mau menghindari itu lobang terpaksa kita masukin aja sekalian daripada keserempet.

Nyalip Dari Arah Yang Berlawanan Barengan Sama Kendaraan Lain

Ini nih yang paling saya gak demen!

Bukan yang konvoi-konvoi itu..
Tapi mereka yang nyalip kendaraan lain yang kebetulan kendaraan yang doi mau salip itu lagi nyalip kendaraan lain juga.

Otomatis lajur kita dimakan abis sama dua kendaraan itu..
Lah kita mau menghindar kemana coba?

Terpaksa kita harus keluar dari jalur kita sendiri dan minggir ke tanah yang beda tinggi antara tanah sama jalan.

Pake Knalpot Rombeng, Berisik dan Murahan

Udah mah berisik, makenya ugal-ugalan pake acara meliuk-liuk di jalan.
Biasanya bocah ingusan yang make motor kaya gini.

Doi pikir gaya kaya gitu..
Dikasih cium aspal dikit aja, mewek-mewek ngadu ke emaknya.

Lucunya..
Motor yang pake knalpot beginian biasanya suaranya doang yang kenceng!
Tarikanya mah biasa dan sama aja.

Baca juga: Cara Modifikasi Vixion Jadi Trail

Kelakuan Pengendara Mobil di Jalan Raya

Kelakuan Pengendara Mobil

Mobilnya Mahal, Tempat Sampah Gak Kebeli

Mobil sih mahal, tapi tempat sampah buat di taro di mobil gak kebeli

Ini nih yang paling bikin gedek gaez!

Jadi saya punya pengalaman yang kurang menyenangkan nih.. Sama salah satu pengendara mobil yang kaya gini.

Ceritanya.. saya kan lagi dibelakang itu mobil.
Eh doi cuek aja buang tisu keluar mobil dari kaca jendelanya.

Sialnya! Itu tisu yang dibuang pas banget kena muka saya!

Otomatis saya gak bisa liat jalan..
Kesal banget dah! Untung saya gak jatoh atau kenapa-napa.

Selain itu gaez..
Doi seenaknya buang sampah terus dilempar ke pinggir jalan yang sepi.
Mentang-mentang cuma lewat doang, buang sampah di kota orang seenaknya.

Kalo kamu macem pengendara kaya gini..
Itu artinya kamu ikut bertanggung jawab kalo-kalo suatu saat nanti dimana dulu kamu buang sampah sembarangan terkena banjir, maka kamu ikut andil dalam pembagian dosa di akhirat kelak!

Maksa Banget Pengen Nyalip

Udah tau ukuran mobil itu lebar, jalanan lagi rame..
Eh kekeuh aja pengen nyalip.

Mending kesalip, kalo ngeganjel di tengah jalan bijimana?
Macet dong gaez!

Kalo mau nyalip liat-liat dulu lah..
Kamu juga punya ukuran dan perkiraan kali.

Ngedim-Ngedim Lampu

Kalo siang sih oke-oke aja, kalo malem silau meeen!

Mending sekali atau dua kali, lah ini berkali-kali!
Parahnya pake lampu jauh pula..

Kita yang berlawanan arah sama doi kan jadi silau kalo liat jalanan.

Apalagi kalo nyalip dari arah yang berlawanan gaez..

Nyalipnya maksa banget!
Udah tau jaraknya gak cukup..

Ujungnya-ujungnya ngambil lajur orang lain..
Dan kita jadi mepet-mepet ke pinggir jalan.

Tapi.. dan emang sih..
Gak semua pengendara mobil kaya gini.

Tapi gak bisa kita pungkiri juga kali,
kalo emang masih ada aja pengendara macem biji kaya gini.

Kelakuan Supir Angkot dan Sejenisnya di Jalan Raya

Kelakuan Sopir Angkot

Mereka Ini Berasa Yang Punya Jalanan

Nyalip terus berenti mendadak di depan kita
Motong jalur seenaknya
Berenti sekenanya
Gak liat mana tengah jalan dan mana pinggir jalan, terutama di pasar-pasar
Terus kalo kita klaksonin dari belakang juga palingan doi cuman nengok doang sambil pasang ekspresi santai banget.

Kelakuan Pengendara di Lampu Merah

Lampu Merah

Kita berenti paling depan, gak melebih batas garis yang ditentukan.
Kita taat aturan, nunggu lampu sampe ijo baru jalan.

Eh ini mah.. lampu baru kuning aja, klakson udah bunyi aja dari tadi.
Udah tau masih kuning, maksa nyuruh maju.
Kalo kita celaka, emang situ mau tanggung jawab?

Kamu sendiri termasuk tipe pengendara yang kaya gimana gaez, semoga aja taat sama aturan demi keselamatan kita dan kelancaran lalu lintas, ok gaez.



Penulis: Tristan Fauzan

Tentang Tristan Fauzan:
Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And Dapetin Hidup Yang Mandiri




Tulis Komentar