Cara Modifikasi Vixion Jadi Trail

ZetSet.Net – Buat brother yang lagi mencari ide seting motor harian jadi trail gak usah bingung dan repot karena kali ini saya akan mengulas beberapa cara mudah modifikasi Vixion jadi trail.

Modifikasi vixion menjadi motor trail memang sangat di gemari oleh para adventurer lantaran selain rangka dan tenaga mesin yang sudah mendukung banget buat dijadikan pacuan untuk bermain di lumpur juga akselerasi yang dihasilkan dari motor ini sangat gesit serta mampu bersaing dengan motor – motor trail buatan pabrik di ajang grass track maupun trabas.

Para pencinta olah raga balap motor semacam motocross tentunya enggak akan melihat dari segi berapa biaya yang dikeluarkan untuk merakit motor vixion agar tampilannya mirip trail yang asli namun kepuasan tersendiri lah yang mungkin brother harapkan, akan tetapi untuk membangun satu unit motor ini enggak perlu biaya yang mahal – mahal amat lantaran seperti yang kita ketahui motor ini sudah mendukung banget buat dijadikan motor garuk tanah sehingga biayanya pun dapat terjangkau bin murah.

Rangka

Kelebihan dari motor vixion sendiri yaitu pertama rangkanya udah motor laki banget sehingga jika kita akan memasang tangki trail tinggal menyesuaikan dudukannya saja sehingga enggak perlu repot – repot pergi ketukang las untuk menambah besi pipa untuk di buatkan dudukan tangki layaknya ketika merakit motor bebek.

Yang ke dua yaitu shok belakang vixion sudah monocross yang artinya siap di pakai untuk segala medan dan tentunya brother enggak perlu lagi mengganti shok belakangnya dengan kepunyaan motor trail, tuh kan kalau sampai dari bagian ini saja dulu yang mesti di ganti udah kebayang berapa juta rupiah yang harus di rogoh dari dompet brother buat membeli shok belakang ini.

Kemudian untuk langkah – langkah teknik modifikasi apa saja yang harus di lakukan agar tampilan motor vixion ini jadi gahar alis makin gagah bin macho dan tentunya brother sebagai joki pun makin percaya diri serta tentunya makin tambah keren aja nih… hmmm Tentu Dong.

Shock Depan

Untuk modifikasi yang pertama kita permak dulu bagian depan dari si vixi ini yaitu bagian shockbreaker depan dengan menggunaka Upside Down biar makin kokoh dan sebagai peredam kejut.

Di lanjut dengan memotong rangka bagian belakang dan merangkainya supaya dapat disesuaikan dengan jok dan body motor trail misalnya brother mencostumnya dengan menggunakan body KLX punya, setelah itu body KLX siap di pasang.

Vixion

Kemudian ganti stang vixi dengan stang Trail sekalian pasang Hand Guard dan pasang juga lampu depannya biar bisa di gunakan buat trabas di malam hari. Jreng… tahap pertama selesai.

Kemudian di lanjutkan ke bagian bawah, langkah yang harus di lakukan pertama – tama brother harus mengganti arm standar bawaan vixion lantaran arm bawaanya enggak memungkinkan jika di pasangin ban dengan Ring 18 maka brother mesti menggantinya dengan menggunakan Arm yang lebih panjang atau biasa di sebut arm kumis.

Sasis Belakang

Ganti juga tromolnya dengan dengan tromol milik KLX 28 hole satu set, kemudian langkah berikutnya ganti velg dengan menggunakan ring 21 – 160 untuk depan dan buat belakang menggunakan ring 18 – 185, cieh – cieh… makin tinggi aja nih.

Setelah itu ganti ban belakang dengan menggunakan ban tahu Sumedang eh… maksudnya ban trail ukuran 18 serta ban depannya dengan ukuran yang lebih besar 21, untuk pemilihan jenis ban terserah brother mau pake ban pacul murni atau dengan ban yang masih bisa di ajak enjoy jika bermain di atas aspal itu tergantung kebutuhan broter juga ya.

Nah selanjutnya pasang juga Stoper ban karet trail supaya pada saat ban motor milik brother kempes bin bocor posisi ban dalamnya enggak berpindah, kemudian ganti rantai dengan menggunakan ukuran 428 – 140 lantaran rantai bawaan vixion enggak cukup panjang buat di hubungkan antara gear depan dan gear belakang lantaran gearnya juga mesti di ganti dengan gear KLX yang memiliki ukuran gear 50, 51 atau 53, pastilah rantai bawaannya vixi ini enggak bakalan mencukupi.

Jangan lupa brother juga musti memasang Stabilizer rantai biar kekencangan rantai tetat terjaga, tenang aja alat ini enggak akan menggangu biar masuk kubangan lumpur yang dalam sekalipun.

Tromol Trail

Selanjutnya brother musti ganti itu slang rem dengan memakai yang ukuran 130 cm lantaran untuk motor trail semacam KLX selang remnya lebih panjang dari selang rem si vixi, lah.. wong tampilan depannya aja udah tinggi maka udah pasti mesti di ganti sama yang lebih panjang ya mas bro.

Tapi bagaimana rem bagian depan apa Discbrake milik vixion ini musti di ganti juga dengan milik KLX ? jawabnya tentu iya dong lantaran discbrake bawaan si vixi ini enggak cocok dengan tromol milik KLX, dan untuk bagian rem belakang brother mesti memasangkan satu set cakram belakang FU tapi untuk piringannya tetap pilih punya KLX lantaran piringan alias disbrake FU enggak cocok juga jika di pasang di tromol KLX.

Brother tahu sendiri kan mesin vixion ini terlihat menggantung, nah untuk menambah kesan kokoh sasis di bagian mesin ini maka buatkan juga sasis tambahan biar mesin enggak terlihat menggantung, cieh makin mantep aja bro.

yang terakhir untuk bagian knalpot, brother mau tetap menggunakan knalpot bawaan vixion dengan sedikit memodifikasinya dan menyesuaikan dengan body trail atau juga membeli yang sudah jadi, terserah brother aja.

Vixion Keren

JRENG… kini vixion brother sudah berubah total dan siap melibas setiap medan dan jalur berbagai ajang garuk tanah dimanapun berada dan semoga tips dan tips atau cara Modifikasi Vixion Menjadi Trail ini bermanfaat.

Tristan Fauzan

Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And Dapetin Hidup Yang Mandiri


Tulis Komentar