Bagaimanakah Jika Kita Dilahirkan Di Era 1970an Indonesia?

ZetSet.Net – Pernahkan kamu berpikir, bagaimana jika kita hidup di era 1970an? Bagaimana kah kondisi Indonesia kita saat itu? Bagaimana juga masyarakat yang lahir pada masa itu? Kita memang tidak bisa memilih kapan kita dilahirkan atau di era seperti apa kita bisa menjalani hidup. Hanya saja kalau berbicara mengenai kehidupan semua orang tentunya ingin merasakan kenyamanan, keceriaan dan persaudaraan.

Pernahkah Anda berpikir bagaimana jadinya kalau Anda sekarang ini hidup seperti di era 70-an? Mungkin hal pertama yang terlintas di pikiran Anda adalah kuno dan jadul karena di era 70-an belum ada teknologi canggih seperti sekarang ini, televisi saja di masa lalu masih sebatas hitam dan putih. Tapi faktanya, kalau dilihat dari fenomena hidup perkotaan sekarang ini, hidup di era 70-an jauh lebih enak. Kenapa? Berikut 4 alasan era 70-an lebih enak dibanding sekarang.

Baca Juga : Legenda Kutukan Ini Sering Dikaitkan Dengan Indonesia

 

Masa Kecil Tanpa Gadget

Jadul dan kuno memang itu tidak dapat terlepas dari kehidupan di era 70-an kalau dibandingkan dari sisi teknologi. Hanya saja sebenarnya era 70-an itu punya banyak keindahan. Kita tahu kalau dulu jangankan televisi listrik pun masih menjadi hal yang langka.

Tapi bagi anak-anak di masa lalu, era 70-an justru merupakan masa kecil yang jauh lebih indah, yang mungkin Anda angkatan 70-an masih mengingatnya sampai sekarang. Bermain dengan tetangga mulai dari manjat pohon, main bola atau bermain gobak sodor adalah keindahan yang tidak terlupakan. Bahkan ini mungkin yang pertama kali Anda ceritakan saat bertemu dengan teman-teman kecil Anda.

 

Tahun 1970-an itu Tidak Ada Macet

Macet adalah salah satu fenomena hidup perkotaan di era sekarang ini tapi tidak pernah ada di era 70-an. Hal tersebut karena di era 70-an kendaraan masih menjadi barang mewah yang hanya digunakan oleh para petinggi Negara atau orang-orang kaya. Sehingga jalan-jalan pun lebih lengang, tapi uniknya jaman sekarang kendaraan bermotor khususnya mobil justru menjadi ajang untuk pamer status sosial. Meski sebenarnya secara finansial belum mampu. Salah satu bukti yang sering kita temui, pengguna mobil mewah justru menggunakan bahan bakar subsidi.

 

Makanan Jauh Lebih Sehat

Di era 70-an tidak ada jenis makanan instan, semua harus diolah sendiri dengan menggunakan bumbu alami. Hal ini sudah pasti lebih sehat. Berbeda dengan jaman sekarang yang justru paling ramai adalah kedai makanan instan yang tidak diketahui kandungannya, berapa banyak lemak, kalori dan nutrisi plus penggunaan bahan kimia sebagai pengawet. Memang makanan instan lebih menggugah selera tapi kalau harus berisiko penyakit? enak yang mana?

Baca Juga : Hal-hal Yang Paling DiKepoin Orang Indonesia

 

Persaudaraan yang Terbangun karena Gotong Royong

Indonesia dikenal dunia sebagai Negara yang masyarakatnya ramai dan persaudaraannya kuat, tanpa memandang status, warna kulit apalagi agama. Hal tersebut terlihat jelas lewat budaya gotong royong dalam hal apapun. Tapi apa yang terjadi sekarang ini? Orang-orang justru sibuk saling menghujat di sosmed. Mungkin karena budaya gotong royong semakin menghilang pun menjadi alasan banyak kebencian di sosmed, ya mungkin saja.

Nah, memang jadul dan memang kuno, tapi kalau kita menjalani kehidupan seperti tahun 70-an mungkin kondisi tidak “se-tegang” sekarang ini.

 

Onitha Indriani

Yang begitu tinggi saja tak melangit, tapi mengapa banyak tanah yang merupa angkasa?!,.


Tulis Komentar