Aneh, Batu Ini Semakin Membesar Jika Terkena air

ZetSet.Net – Mungkin kamu akan menganggapnya suatu hal yang mustahil, memang sulit dipercaya batu dengan wujud keras namun bisa hidup bahkan terus tumbuh membesar jika terkena air.

Batu aneh tersebut dinamakan Trovants, kamu bisa menemukannya di sebuah Desa kecil di Rumania, Costesti. Kata trovant berarti “batuan pasir yang mengeras”. Kemungkinan sinonim dari kata Sandsteinkonkretionen dalam bahasa Jerman.

Batu Trovants

Batu misterius ini dihasilkan oleh aktivitas seismik. Uniknya Trovants akan terus tumbuh apabila terkena air, batu kecil berukuran enam sampai delapan millimeter dan akan tumbuh membesar hingga berukuran enam sampai sepuluh meter.

Baca juga: Menguak Misteri Batu Bleneng Di Pinggir Jalan Tol Cipali

Trovants terdiri dari inti batu, dengan kulit luar berupa pasir. Setelah hujan deras dan permukaannya basah, mineral itu mulai menyebar. Batu-batu kecil itu akan berubah bentuk menjadi lebih besar.

Bahkan lebih hebatnya lagi, beberapa dari mereka bisa bergerak sendiri. Ada banyak teori ilmiah yang menjelaskan asal dan perilaku aneh dari Trovants. Namun, para ilmuwan percaya bahwa batu-batu itu mengandung kandungan mineral yang tinggi.

Batu Aneh

Muzeul Trovantilator adalah sebuah museum untuk melindungi batu unik ini yang telah diresmikan pada 2004 silam. Saat ini Batu Trovants telah dilindungi oleh UNESCO.

Kini batu-batu Trovants ini telah menjadi salah satu daya tarik wisata yang popular di Rumania. Bagaimana dengan kamu, apakah tertarik untuk mengunjunginya?

Tristan Fauzan

Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And Dapetin Hidup Yang Mandiri


Tulis Komentar