Akibat Smartphone Barang-Barang Ini Kini Mulai Ditinggalkan

ZetSet.Net – Keberadaan smartphone saat ini memang telah menjadi barang yang bisa menggantikan hal apapun. Tidak heran jika beberapa barang yang mempunyai fungsi masing-masing kini barang-barang tersebut malah tergantikan dan mulai ditinggalkan seiring perkembangan teknologi terutama smartphone.

Barang-barang apa saja yang mulai ditinggalkan? Saya Tristran Fauzan, yuk kita cari tahu barang-barang yang mulai ditinggalkan akibat smartphone.

Kamera

Kamera

Beberapa tahun yang lalu, orang-orang masih bisa bersabar menunggu beberapa hari atau bahkan lebih dari seminggu hanya untuk menantikan hasil jepretan. Semenjak adanya smartphone, satu momen bisa dinikmati dan diabadikan hasilnya hanya dalam hitungan detik saja.

Album foto

Album Foto

Ketika era kamera masih jaya, orang-orang biasanya akan mencetak dan menyimpan hasil jepretannya ke dalam sebuah album foto. Namun hal ini sudah lama mulai ditinggalkan karena foto bisa di simpan di dalam memory ponsel atau membagikannya ke sosial media. Jika album foto hanya bisa dinikmati dan di lihat oleh keluarga dan orang-orang dekat saja, kini lewat layanan album online maupun sosial media, foto Anda dapat di lihat oleh banyak orang.

Surat

Surat

Dahulu untuk menyampaikan pesan kepada kerabat yang jauh butuh waktu berhari-hari melalui sepucuk surat. Namun, semenjak kehadiran smartphone serta adanya koneksi internet, kegiatan surat menyurat sudah lama ditinggalkan. Sekarang jika ada yang ingin dikatakan tinggal ambil smartphone lalu bisa mengirim pesan baik melalui SMS, BBM, Whatsapp atau menggunakan aplikasi pesan instan lainnya.

Jam Weker

Jam Weker

Ingin bangun pagi dan tak mau kesiangan? sekarang ini tinggal setting alarm di smartphone saja dan kita juga bisa mengatur nada alarm sesuai keinginan. Tapi berbeda dengan sekarang ini, dahulu jika ingin bangun pagi yang di setting bukanlah alarm di smartphone, namun jam weker yang bunyinya itu-itu aja.

Jam Tangan

Jam Tangan

Meskipun jam tangan belum tergantikan secara penuh oleh smartphone, namun smartphone sudah cukup untuk dapat mengetahui waktu. Sekarang ini fungsi utama orang menggunakan jam tangan bukan untuk mengetahui waktu tapi menggunakan jam tangan untuk bergaya. Meskipun sudah menggunakan jam tangan, orang-orang lebih sering mengandalkan smartphone daripada jam tangan untuk mengetahui waktu.

Kalkulator

Kalkulator

Sekitar tahun 2000-an orang-orang yang kerjanya berurusan dengan hitung-hitungan terutama masalah uang, pasti memiliki kalkulator. Namun sekarang ini membawa sebuah kalkulator sudah di anggap tabu. Tidak perlu membawa kalkulator untuk masalah hitung-hitungan, karena di smartphone sudah memiliki fitur kalkulator.

Peta dan Kompas

Peta dan Kompas

Ingin pergi keluar daerah dan masih belum tahu jalan mana yang di pilih? Keluarkan smartphone dan buka aplikasi navigasi maka Anda akan dapat menentukan jalan mana yang tepat. Selain itu Aplikasi navigasi juga dapat menunjukan jalan yang terdekat. Tapi untuk mengatasi masalah arah ini, orang-orang menggunakan peta dan kompas yang sekarang sudah ditinggalkan.

Tape Recorder

Tape Recorder

Beberapa tahun yang lalu para wartawan masih banyak menggunakan tape recorder sebagai alat perekam wawancara. Tapi berbeda dengan saat ini, wartawan lebih memilih menggunakan smartphone ketimbang menggunakan recorder.

Itulah beberapa barang yang sudah mulai ditinggalkan akibat adanya smarphone.

Tristan Fauzan

Jadi Diri Sendiri, Cari Jati Diri, And Dapetin Hidup Yang Mandiri


Tulis Komentar